in ,

Bahaya! Ternyata Tidak Boleh Langsung Berenang Setelah Makan

CakapCakap – Ada banyak jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang. Salah satunya adalah berenang. Cakap People pun mungkin juga sangat suka berenang, dan melakukannya secara rutin. Renang sendiri memang merupakan olahraga yang tidak terlalu rumit, namun menghasilkan aktivitas yang jauh lebih banyak, karena harus menghadapi massa air. Selain itu, renang juga disukai banyak kalangan, dari berbagai usia, tentu termasuk pula anak-anak, karena terlibat dengan permainan air.

Namun, ada hal yang perlu kamu ketahui soal kegiatan berenang. Olahraga yang satu ini memang sering kali membuat lapar, karena aktivitas yang dilakukan di dalam air bisa menguras banyak energi. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang membawa makanan saat datang ke kolam renang, atau membelinya di lokasi setelah berenang beberapa saat. Namun faktanyanya, ternyata tak boleh langsung berenang setelah makan, karena bisa menimbulkan masalah menurut laman Liputan6.com.

Setelah makan berat, disarankan sebaiknya menunggu setidaknya sekitar 30 menit sebelum mulai berenang via Istimewa.

Langsung berenang setelah makan ternyata bisa membuat perut mual, apalagi setelah makan berat dengan porsi yang cukup besar. Pasalnya, terjadi peningkatan aliran darah yang membantu proses pencernaan, sehingga aliran darah untuk mengaktifkan otot saat berenang jadi berkurang. Selain itu, juga bisa menyebabkan kram di betis, paha dan tangan, karena banyaknya darah yang mengarah ke usus, sehingga jumlah oksigen yang mencapai otot berkurang. Bisa pula terjadi jahitan disebabkan oleh kram diafragma ketika ada aliran darah yang terbatas karena tekanan dari paru-paru dan perut.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah makan sebelum mulai berenang. Memang, peringatan ini sering kali dianggap hanya sekadar mitos belaka bagi sebagian orang. Seperti dilaporkan laman HelloSehat.com, juga tidak ada bukti sama sekali di mana langsung berenang setelah makan bisa membuat kamu tenggelam, karena otot-otot tidak mampu bekerja dengan baik. Sebaliknya, tubuh tetap akan bergerak seperti biasa di air, meski baru selesai makan.

Namun, olahraga yang membuat banyak energi seperti berenang memang bisa mengarahkan aliran darah menjauh dari daerah pencernaan ke kulit dan otot lengan dan kaki, sedang proses pencernaan masih berlangsung karena baru selesai makan, sehingga akan terjadi mual. Begitu loh, Cakap People! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yes Mom! 3 Jenis Spa yang Aman Dilakukan oleh Ibu Hamil

Terungkap Ritual Brad Pitt Makin Seksi di Usia 54 Tahun