in ,

Bahaya! Korut Punya Rudal Balistik Antarbenua dengan Jangkauan Hingga AS

CakapCakap – Korea Utara (Korut) dikenal punya militer yang sangat luar biasa menakutkan dengan dukunganb persenjataan yang sangat lengkap dan berteknologi canggih. Cakap People pasti juga tahu, bahkan Amerika Serikat (AS) sekalipun cukup gentar menghadapi kekuatan militer dari negara komunis tersebut. Apalagi, kini Korut juga sudah memiliki peluru kendal (rudal) balistik antarbenua yang memiliki daya jelajah hingga menjangkau pantai barat AS, dan bahkan seluruh daratan AS.

Korut memiliki rudal balistik antarbenua, Hwasong-14 dengan daya jelajah sekitar 3.700 km dan ketinggian 770 km dalam uji coba. Via dailystar.co.uk

Uji penembakan rudal balistik jenis baru itu sendiri sudah pernah dilakukan beberapa waktu lalu, tepatnya menjelang akhir tahun 2017, di mana disebutkan bisa mencapai seluruh daratan AS, seperti dikutip dari laman BBC.com. Itu merupakan peluncuran rudal Korut pertama dalam kurun lebih dari dua bulan pada masa itu, setelah negara tersebut pertama kalinya melakukan uji penembakan rudal balistik antarbenua pada bulan Juli 2017 silam. “Korut sedang membuat rudal-rudal balistik yang mengancam semua pihak di dunia,” ungkap Menteri Pertahanan AS, James Mattis pada saat itu.

Rudal itu diluncurkan dari situs peluncuran Pyongsong, Provinsi Pyongan Selatan, Korut. Pemerintah Jepang memperkirakan rudal terbang selama 50 menit dan jatuh di Laut Jepang. Ini diperkuat oleh Kementerian Pertahanan AS yang menyebut rudal menjelajah jarak 1.000 km ke arah Jepang. Para analis menyebut rudal bisa menghantam sasaran di tempat-tempat yang jauh, termasuk daratan AS. “Rudal melesat lebih tinggi dari peluncuran yang telah mereka lakukan sebelumnya,” kata Mattis.

Rudal milik Cina, Dongfeng-41 memiliki daya jelajah 14.500 km dengan kecepatan 30.600 km per jam. Via southfront.org

Dikutip pula dari laman Tempo.co, Korut memiliki rudal balistik antarbenua bernama Hwasong-14 dengan daya jelajahnya baru mencapai sekitar 3.700 km dan ketinggian 770 km dalam uji coba yang telah dilakukan. Namun, rudal milik Cina bernama Dongfeng-41 jauh lebih luar biasa, karena punya daya jelajah 14.500 km dengan kecepatan 25 kecepatan suara atau sekitar 30.600 km per jam. Cina sendiri dikenal sebagai sekutu Korut, yang diduga ikut membantu pengembangan rudal di Korut.

Sementara itu, AS juga memiliki rudal balistik antarbenua yang dinamai LGM-30 Minuteman-III. Ada sekitar 450 rudal yang dipasang di berbagai lokasi. Rudal ini bakal aktif hingga minimal tahun 2030 mendatang. Daya jelajah rudal ini 12.900 km. Ini bisa memicu perang dunia lagi ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hendak Beli Mobil Secara Online? Ini Triknya Agar Tak Tertipu!

Duh! Harimau Akan Segera Punah dalam 10 Tahun Lagi