in ,

Air Kelapa Bisa Menyembuhkan Keracunan Makanan, Mitos atau Fakta?

CakapCakap – Terkadang, kita sering menyantap jenis makanan yang dijajakan di sembarang tempat. Hal tersebut dikarenakan kita tertarik dengan makanan-makanan tersebut. Padahal, belum tentu makanan tersebut memiliki jaminan kebersihan. Alhasil, akibat konsumsi jajanan sembarangan maka Cakap People bisa jadi keracunan makanan.

Jika sudah demikian, maka kamu dapat mengalami beberapa masalah. Mulai dari mual, sakit perut, diare, muntah hingga kekurangan cairan akut. Hal yang serupa juga dapat terjadi jika kamu malas cuci tangan sebelum pergi makan. Biasanya, jika sudah dilanda oleh masalah tersebut maka kamu akan mencari air kelapa bukan? Lantas, benarkah air kelapa busa mengobati keracunan makanan? Dapatkan kebenarannya pada ulasan berikut ini ya!

1. Benar atau tidak air kelapa bisa mengobati keracunan?

Sensasi segar minum air kelapa via Ngopibareng.id

Umumnya, diare yang timbul lantaran keracunan bisa mengakibatkan munculnya dehidrasi akut apabila tak kunjung diobati. Air putih memang cukup disarankan guna mengembalikan cairan tubuh tersebut. Namun, air putih saja tak cukup guna memulihkan elektrolit hilang pasca diare. Oleh karena itu, kamu memerlukan air kelapa guna mengembalikan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, air kelapa juga berguna untuk membantu detoksifikasi guna mengeluarkan racun yang terdapat di organ pencernaan kamu.

Sensasi manis alami yang terdapat pada air kelapa pun bisa mengembalikan energi tubuh. Alhasil, lemas di tubuh bisa hilang. Bahkan, rasa mual, muntah, hingga dehidrasi akibat diare bisa dihilangkan. Oleh karena itu, memang benar adanya jika air kelapa dapat menormalkan kembali tubuh dari efek keracunan makanan.

2. Kandungan pada air kelapa

Manfaat minum air kelapa via Food.detik.com

Kelapa merupakan salah satu tumbuhan yang diyakini menyimpan manfaat baik. Bahkan, mulai dari akar hingga daunnya bisa dimanfaatkan. Apabila ditinjau dari kandungan gizi, maka per 1 cangkir air kelapa atau 240 mililiternya memiliki kandungan berupa, vitamin C, 43,6 kalori, aneka elektrolit seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, 10,4 gram gula, vitamin B kompleks hingga 43,6 natrium. Menurut ahli gizi pun mengungkap jika air kelapa ini kaya akan kandungan elektrolit yang lebih banyak dibanding jus buah serta minuman untuk olahraga lain.

3. Takaran minum air kelapa

Minum air kelapa sesuai porsi via Health.detik.com

Lantas, berapa banyak air kelapa yang bisa diminum untuk redakan gejala keracunan tersebut? Kamu dapat mengonsumsinya sekitar 1 atau 2 gelas saja. Sebab, sejatinya air kelapa bukanlah obat yang bisa menyembuhkan, melainkan berfungsi sebagai pereda gejala keracunan semata. Hindari untuk mengonsumsi air kelapa secara berlebihan. Sebab, dapat menimbulkan hiperkalemia. Apa itu? Yakni sebuah kondisi di mana tertumpuknya kalium dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan lantaran air kelapa banyak mengandung kalium.

Nah, sudah paham bukan Cakap People jika ternyata air kelapa hanya berfungsi sebagai pereda gejala keracunan, bukannya sebagai obat. Oleh karena itu, apabila gejala keracunan masih terus berlanjut pasca mengonsumsi air kelapa maka kamu disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Berikut 3 Cara Simpan Kentang Agar Tak Bertunas dan Tahan Lama!

Ngeri!! Waspada, 18 Provinsi di Indonesia Rawan Tsunami, loh!