in ,

Keren! Menteri Susi Pudjiastuti Masuk Daftar ‘Tokoh Pemikir Dunia’

CakapCakap – Kabar gembira datang lagi dari salah seorang tokoh bangsa Indonesia. Kali ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti yang mencatatkan prestasi membanggakan bagi Tanah Air. Cakap People tentu mengenal sosok wanita yang juga merupakan pengusaha nasional ini. Seperti dilansir oleh laman Kompas.com, Menteri Susi berhasil mencatatkan namanya dalam daftar bergengsi internasional, yakni masuk ke dalam daftar Global Thinkers 2019, atau para pemikir dunia.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti masuk dalam daftar bergengsi internasional. Via liputan6.com

Menteri Susi masuk ke dalam kategori 10 besar tokoh yang dianggap punya pengaruh di bidang pertahanan dan keamanan menurut versi majalah ternama Foreign Policy. Menteri kelahiran Pangandaran, Jawa Barat tersebut bersanding dengan wanita berpengaruh lainnya, seperti Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen. Kemudian, ada Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wazed dengan rekor jabatan terlama dalam sejarah negaranya, sejak Januari 2009, atau sudah menjabat 19 tahun.

Dalam editorialnya, Foreign Policy menjelaskan bahwa Menteri Susi berada dalam daftar karena komitmen dalam mempertahankan kelestarian ikan serta biota laut. Komitmen itu telah ditunjukkan dengan keberaniannya menelurkan kebijakan yang dianggap menakutkan, serta diperhatikan kawan maupun lawan. Menteri Susi dikenal karena keputusan menenggelamkan kapal yang kedapatan memancing secara ilegal di wilayah perairan Indonesia. Hingga kini, sudah lebih dari 300 kapal yang ditenggelamkan.

Menteri Susi Pudjiastuti masuk dalam daftar 10 besar Global Thinkers 2019 alias tokoh pemikir dunia. Via jawapos.com

Menanggapi hal itu, Menteri Susi mengaku bangga. Meski dengan pendidikan yang tak sementereng orang-orang berpengaruh lainnya, ide dan gagasannya telah diakui dunia. Senang saja. “Berarti aku dianggap pintar, dong. Pemikirannya dianggap bagus, dong. Begitu saja.”Penenggelaman kan untuk security too. Ya, mungkin itu saja maksudnya. Ya gembira, bangga. Gini-gini saya pemikirannya telah diakui, gitu kan,” ungkap Menteri Susi pula berkomentar, seperti dikutip dari laman Liputan6.com.

Dalam edisi kesepuluh ini, Global Thinkers pun membagi 100 orang berpengaruh dunia dalam 10 kategori. Dalam masing-masing kategorinya berisi 10 pemikir. Menteri Susi masuk dalam kategori pertahanan dan keamanan. Kebijakan yang dijalankannya cukup efektif mengurangi pencurian ikan dan berdampak pada berlimpahnya stok ikan di Indonesia. Menteri Susi keren juga ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mau Sukses Seperti Bos Apple Steve Jobs? Ini Rahasianya!

StealthChat, Aplikasi Chatting Buatan Indonesia yang Diklaim ‘Anti Sadap’