in ,

Sambut Hari Pahlawan, 6 Tokoh Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

Presiden Joko Widodo menyerahkan tanda jasa kepada para ahli waris dari 6 tokoh yang menerima penganugerahan gelar Pahlawan Nasional 2018. Via cnnindonesia.com

CakapCakap – Indonesia akan memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh setiap tanggal 10 November. Peringatan ini sendiri berawal dari sejarah Pertempuran Surabaya yang terjadi di tahun 1945 silam, di mana para pejuang kemerdekaan Indonesia berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda. Cakap People pastinya sudah mengetahui sejarah Hari Pahlawan Nasional ini selama bersekolah dulu. Nah, menjelang Hari Pahlawan Nasional setiap tahun, Pemerintah Indonesia pun biasanya menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada sejumlah tokoh. Begitu pula tahun ini.

Presiden Joko Widodo menyerahkan tanda jasa kepada para ahli waris dari 6 tokoh yang menerima penganugerahan gelar Pahlawan Nasional 2018. Via cnnindonesia.com

Seperti dilansir oleh laman Merdeka.com, Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/11/2018). Penganugerahan gelar Pahlawan nasional itu diberikan kepada Abdurrahman Baswedan dari DI Yogyakarta, Agung Hajjah Andi Depu dari Sulawesi Barat, Depati Amir dari Bangka Belitung, Kasman Singodimedjo dari Jawa Tengah, Pangeran Muhammad Noor dari Kalimantan Selatan, dan Brigjen K.H Syam’un dari Banten.

Dengan didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jokowi menyerahkan langsung tanda jasa bagi keenam Pahlawan Nasional yang baru tersebut kepada masing-masing ahli waris. Pihak keluarga yang mewakili masing-masing tokoh tersebut hadir langsung di Istana Negara, Jakarta, dalam acara penganugerahan gelar Pahlawan Nasional itu, untuk menerima tanda jasa dari Presiden. Keputusan itu termaktub dalam Keputusan Presiden Nomor 123/TK/2018 yang ditandatangani oleh Presiden.

Abdurrahman Baswedan, atau dikenal AR Baswedan, yang merupakan kakek dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu dari 6 tokoh yang menerima gelar Pahlawan Nasional 2018. Via tribunnews.com

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu pihak keluarga yang hadir menerima gelar Pahlawan Nasional tersebut, yakni untuk Abdurrahman Baswedan. Sosok tokoh itu sendiri, yang lebih dikenal sebagai AR Baswedan, merupakan kakek dari Anies. AR Baswedan semasa hidupnya dikenal sebagai seorang nasionalis, jurnalis, pejuang kemerdekaan Indonesia, diplomat, mubalig, dan sastrawan. Dia pernah jadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Wakil Menteri Muda Penerangan RI pada Kabinet Sutan Sjahrir, anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP), Anggota Parlemen, dan Anggota Dewan Konstituante.

“Kami bersyukur pemerintah menganugerahkan itu dan amanat bagi kami meneruskan perjuangan,” ungkap Anies dilansir laman CNNIndonesia.com. Mari kita beri penghormatan ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Duh! Orang Tua di Cina Sangat Ambisius Agar Anaknya Jadi Brilian

Keren! Indonesia Siap Targetkan Ekspor Pesawat ke Afrika