in ,

5 Daerah di Indonesia Diberi Julukan Khusus! Kenapa ya?

CakapCakap – Cakap People setuju bukan jika Indonesia memiliki banyak daerah yang didalamnya terdapat potensi yang patut dibanggakan? Ya, beberapa daerah di Indonesia memiliki ciri khas yang unik sehingga membuatnya mendapat julukan asing yang sangat lekat untuk memikat wisatawan asing. Tentu saja julukan tersebut tidak sekedar dibuat-buat melainkan disesuaikan dengan keunikan daerah tersebut. Berikut ini 5 daerah di Indonesia yang memiliki julukan asing dan membuatnya semakin terkenal. Penasaran apa saja daerahnya?

1. Karimunjawa – Caribbean van Java

Karimunjawa via Istimewa.

Karimunjawa adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Jawa Tengah. Dengan pantai dan pulau yang begitu mempesona siapa saja yang datang ke sini. Bahkan Karimunjawa termasuk salah satu tujuan bulan madu terbaik di Indonesia. Gugusan pulau di sekitarnya telah membuat Karimunjawa mendunia, apalagi keindahan bawah lautnya yang juga luar biasa. Tentu saja tak salah jika Karimunjawa dijuluki Caribbean van Java, karena memiliki banyak gugusan pulau kecil yang indah yang disebut sebagai Karibia.

2. Bandung – Paris van Java

Kota Bandung memang menjadi kiblat fashion di Indonesia. Kamu bisa percaya dengan mode terbaru yang muncul dari Kota Bandung yang kemudian menyebar ke seantero Indonesia. Sedangkan Kota Paris di Perancis sana juga menjadi kiblat mode dunia. Banyak perancang busana besar di Paris dan seringnya diadakan pagelaran mode kelas dunia di Paris. Kesamaan dalam bidang mode inilah yang membuat Bandung mendapat julukan Paris van Java. Bahkan Kota Bandung sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Kota Kreatif, lho.

3. Semarang – The Port of Java

Semarang – The Port of Java via Source.

Semarang memiliki pelabuhan yang penting pada masa penjajahan Belanda. Bisa dibilang pada masa itu Kota Semarang menjadi kota yang penting di Jawa Tengah. Untuk mengukuhkan Semarang sebagai kota yang penting karena memiliki pelabuhan yang mengurusi perdagangan pihak Belanda, maka pemerintah Kota Semarang menjuluki daerahnya dengan julukan The Port of Java. Julukan yang dari jaman dulu disematkan ini hingga sekarang masih diterima oleh masyarakat karena memang perkembangan pelabuhan Semarang sangat berpengaruh pada perekonomian masyarakat Semarang sendiri serta wilayah di sekitarnya.

4. Banyuwangi – Sunrise of Java

Kabupaten Banyuwangi adalah Kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Letaknya berbatasan dengan Pulau Bali yang bejarak hanya sekitar 40 menit perjalanan dengan kapal dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk. Letaknya yang paling timur inilah yang membuatnya dijuluki Sunrise of Java karena kabupaten pertama di Pulau Jawa yang mendapatkan sinar matahari terlebih dulu setiap paginya.

Banyuwangi – Sunrise of Java via Source.

5. Garut – Switzerland van Java

Daerah Garut di Provinsi Jawa Barat diapit oleh dua gunung terkenal yaitu Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray. Hal ini mengacu pada letak Switzerland yang juga berada di antara pegunungan Alpen. Hal kedua yang membuat Garut dan Switzerland memiliki kesamaan adalah olahan cokelatnya. Swiss dikenal sebagai pengolah cokelat yang terkenal di dunia, sedangkan Garut juga terkenal karena dodol yang bentuk dan warnanya mirip dengan cokelat. Jadi Garut dijuluki Switzerland van Java karena dua hal yang sama tadi dengan Switzerland.

Dari 5 daerah unik yang memiliki julukan khas tersebut, mana nih yang sudah pernah Cakap People kunjungi? [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tips Bijak Membeli Rumah Pertama untuk Pasangan Muda

Suka Bingung dengan Chat dari Pria Gebetan? Cari Artinya di Sini!