in

Sulit Tidur Karena Terlalu Lelah? Ini Caranya Mengatasi!

Coba jauhkan benda yang bisa mengganggu waktu tidur

CakapCakap – Terlalu lelah namun malah sulit tidur? Tentu ini merupakan masalah yang tak bisa Cakap People remehkan. Usai lelah lantaran beraktivitas seharian, maka tubuh pastinya ingin segera terlelap supaya esok pagi energi bisa kembali terisi. Namun apa daya jika ternyata mata malah jadi terjaga.

Apabila kamu mengalami hal yang serupa, tentu harus segera diatasi. Sebab saat kamu memiliki kualitas tidur yang buruk, misalnya saja durasi yang kurang hingga jadwal tidur yang semrawut maka tentu bisa berpengaruh pada energi dan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, coba lakukan beberapa upaya ini guna mengatasi masalah sulit tidur padahal tubuh sudah terlalu lelah. Berikut caranya!

1. Hindari konsumsi kafein maupun nikotin

Jangan minum kopi usai makan siang via Intisari.grid.id

Bukan rahasia lagi jika baik nikotin maupun kafein memiliki efek yang bisa terjadi selama beberapa jam, bahkan mungkin sampai 24 jam lamanya. Kafein dapat menjadikan seseorang sulit tidur, jadi ia bisa berdampak cukup signifikan pada kualitas tidur seseorang. Bahkan kendati bisa tidur, kamu akan mudah terbangun. Oleh karena itu, hindari konsumsi kafein usai jam makan siang agar kamu tak dibayangi oleh masalah sulit tidur.

2. Jauhkan benda-benda yang ganggu tidur

Hindari main gadget 1 jam sebelum waktu tidur via Lifestyle.okezone.com

Apa benda-benda yang dimaksud? Tentu saja seperti remote TV, gadget, hingga laptop. Mungkin sebagian banyak orang akan berpikir jika dengan menonton TV atau bermain ponsel bisa membuat tidur lelap. Padahal itu merupakan persepsi yang kurang tepat. Sebab benda-benda tersebut punya cahaya yang mampu menjadikan produksi melatonin jadi terhambat, di mana melatonin mampu memicu kantuk. Oleh karena itu, cobalah jauhkan gadget maupun menonton TV 1 jam sebelum beranjak ke tempat tidur.

3. Jangan makan jelang jam tidur

Tak perlu makan larut malam via Hellosehat.com

Mungkin sebagian orang akan jadi gampang mengantuk usai makan. Namun bagi kamu yang merasa kesulitan tidur walau tubuh lelah, malah dianjurkan untuk makan sebelum tidur. Sebab ia bisa menjadikan sistem pencernaan lebih aktif. Alhasil kamu pun bisa dibuat terjaga. Apalagi jika kamu punya GERD atau gastroesophageal reflux maka sangat disarankan untuk menjauhi makan sebelum tidur.

Jadi, apa selama ini Cakap People cukup sering melakukan kebiasaan-kebiasaan tak baik sebelum tidur? Mungkin saja itu yang jadi penyebab mengapa kamu sulit tidur kendati tubuh merasa sangat lelah. Maka dari itu, sebaiknya lakukan beberapa cara di atas untuk mengatasinya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Ampuh Usir Komedo loh, Mau Coba?

Wah! Harga Mobil Bekas Land Rover Bisa Lebih Mahal 30% dari Mobil Baru