in ,

Percaya Tak Percaya, Gaji Wanita di Indonesia Ternyata Lebih Tinggi dari Pria!

CakapCakap – Selama ini hampir semua orang beranggapan bahwa kaum pria memiliki kemampuan lebih dibandingkan para wanita, sehingga mereka dinilai lebih pantas mendapatkan gaji lebih besar. Cakap People mungkin juga pernah menemukan orang-orang yang berpikiran seperti itu, atau malah pernah berada dalam situasi tersebut. Padahal, ada banyak hal yang dapat mempengaruhi nilai gaji seseorang, bukan hanya semata soal gender antara pria dan wanita yang biasa mengarah pada fisik.

Secara umum gaji wanita di Indonesia ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan para pria. Via tribunnews.com

Faktanya, percaya atau tak percaya, ternyata secara umum gaji wanita di Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan para pria. Seperti dilaporkan oleh laman Cosmopolitan.co.id, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Job Planet, sebuah situs platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, gaji wanita memang terbukti lebih tinggi dibandingkan pria. Riset itu sendiri telah dilakukan terhadap 46 ribu karyawan tingkat staf dan 14 ribu karyawan tingkat manajer dari 35 provinsi Indonesia dengan jumlah persentase 49 persen pria dan 51 persen wanita.

Survei itu menemukan fakta bahwa gaji pokok, belum termasuk bonus dan tunjangan rata-rata staf wanita adalah Rp 3.660.000, atau lebih tinggi 1,1 persen dibandingkan gaji staf pria. Sedangkan pada tingkat manajer, wanita memiliki gaji rata-rata Rp 7.696.000, lebih tinggi 4,6 persen dibandingkan dengan gaji pria. Selain itu, riset ini juga menunjukkan bahwa gaji wanita pada tingkat staf di bidang hukum, engineering dan HRD lebih tinggi dibanding pria. Sementara di tingkat manajer, bukan hanya bidang HRD dan engineering saja, tapi juga mencakup bidang keuangan dan pengembangan bisnis.

Ada beberapa profesi yang memberikan gaji lebih besar kepada wanita dibanding pria, di antaranya HRD. Via liveolive.com

Menariknya, selain HRD ternyata juga ada beberapa profesi lainnya di mana wanita mendapatkan gaji lebih tinggi dibanding pria, menurut laman Merdeka.com. Salah satunya adalah penatas rias, di mana para wanita memiliki gaji lebih tinggi dibanding dengan penata rias pria. Begitu pula dengan profesi guru, karena kebanyakan guru memang berjenis kelamin wanita. Lalu, di profesi nutrisionis dan ahli terapi, kaum Hawa juga bisa mendapatkan gaji yang lebih besar dibandingkan para pria.

Nah, Cakap People wanita mau mencoba berkarier di profesi apa nih?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ternyata Wanita Jauh Lebih Kuat Dibanding Pria, Ini Buktinya Lho!

Penting! Latihan Fisik untuk Kaum Lansia Bisa Turunkan Risiko Penyakit Tua