in ,

Jangan Cuma Ambil Daging Buahnya, Kulit Buah Naga Bisa Dikreasikan Jadi Masakan Lezat Lho!

Buah merupakan salah satu makanan yang wajib kita konsumsi, sebab dapat memenuhi seluruh nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Lalu, buah apa yang paling kamu sukai? Beberapa buah memang hadir pada musim-musim tertentu saja, seperti buah mangga hingga buah naga.

Jika sedang musimnya, maka buah-buah tersebut akan berlimpah dan tentunya dapat kita beli dengan harga yang terbilang murah. Salah satu buah yang paling nyaman dan tumbuh subur di negara yang beriklim tropis adalah buah naga. Buah berkulit merah ini punya daging buah yang sangat lembut dengan kandungan air yang cukup banyak. Selain lezat, si buah ini juga dapat melancarkan pencernaan.

Buah naga via unag.org.ni

By the way, tak cuma daging buahnya yang lezat untuk disantap guys. Rupanya, si kulit yang hampir menyerupai kulit naga ini juga dapat dikreasikan menjadi olahan yang mengunggah selera lho! Gak percaya kan? Ya, mumgkin masih terdengar tak lazim ya. pasalnya bahan yang digunakan justru si kulit yang biasanya berakhir di kantong sampah.

Tapi ini beneran lho, kulit buah satu ini bisa kamu manfaatkan untuk bahan masakan. Kulitnya bisa diolah jadi sayur tumis. Lalu bagaimana cara memasak si kulit buah naga tersebut?

Dragon fruit via manfaat-sehata.blogspot.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan beberapa bahan-bahannya, seperti

  • 1 buah naga kemudian ambil kulitnya
  • saus tiram
  • 10 cabai rawit
  • 5 cabai merah
  • 1 siung bawang bombay
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Setelah semua bahan siap, maka kamu dapat menumis kulit buah naga tersebut. Sebelum menumis, cuci terlebih dulu kulit buah naga hingga bersih. Iris kulit-kulit tersebut dengan bentuk memanjang. Setelah itu, kamu harus memotong-motong semua bahan seperti cabai dan bawang.

Siapkan wajan dan panaskan minyak secukupnya untuk  menumis bumbu yang sudah diracik. Tumis hingga harum. Usai bau harum tercium, tambahkan saus tiram diikuti dengan kulit buah naga yang sudah diiris memanjang. Tumis hingga agak layu dan bubuhkan garam, sedikit penyedap rasa serta gula. Cicipi terlebih dulu, baru angkat, kemudian sajikan. Mudah bukan?

Tumis kulit buah naga via cookpad.com

Perlu kamu ketahui guys, nutrisi yang ada dalam kulit buah naga tak sebanyak dagingnya. Akan tetapi, kulit buah tersebut mempunyai kandungan serat lebih tinggi lho! Tapi ingat ya, sebelum memasaknya kamu harus memastikan jika kulitnya dicuci sampai bersih. Sebab jika pestisida masih menempel, tentunya tak akan baik jika kamu konsumsi.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Gak nyangka! Selain Teh dan Kopi, 4 Makanan Ini Juga Mengandung Kafein

Abadikan Momen Cintamu di Pulau Cinta Gorontalo