in ,

Gila! Kertas Tulisan Tangan Steve Jobs Terjual Rp 3,8 M dalam Lelang

CakapCakap – Bagi para kolektor, bisa memiliki barang-barang peninggalan milik tokoh idolanya jadi sesuatu yang sangat membanggakan, bahkan meski hanya barang imitasi atau tiruan. Makanya, tak sedikit orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk bisa mendapat barang antik yang identik dengan tokoh idola mereka. Cakap People pun pasti geleng-geleng kepala dengan apa yang mereka lakukan, seperti seseorang yang menghabiskan uang miliaran rupiah hanya untuk selembar kertas.

Sejumlah barang peninggalan mendiang pendiri Apple Steve Jobs dibeli dengan harga fantastis oleh para kolektor. Via voaindonesia.com

Seperti dilaporkan laman VIVA.co.id, kertas yang berisi tulisan tangan mendiang pendiri Apple Steve Jobs itu terjual dengan harga 270 ribu dolar AS, atau setara Rp 3,8 miliar dalam sebuah acara lelang yang digelar oleh Bonhams, sebuah rumah lelang Inggris milik swasta untuk barang-barang antik di dunia. Kertas itu memang memiliki nilai sejarah, karena berisikan catatan spek komputer pertama Apple. Steve Jobs menulis Apple Computer-1 menggunakan microprosessor 6800, 6501, atau 6502.

Steve Jobs juga mengatakan bahwa basic on the way (ROM) tidak pernah terwujud dalam Apple-1, namun diterapkannya untuk komputer Apple II. Tidak lupa juga dia menulis harga 75 dolar AS untuk papan dan manual, serta mencantumkan alamat dan nomor telepon di bagian bawah surat. Kertas itu, bersama dua foto polaroid generasi 1970-an yang awalnya dijual sekaligus dengan harga 60 ribu dolar AS (Rp 859 juta) dalam lelang tersebut, sepertinya diberikan pada teman lama Steve Jobs saat mengunjungi garasinya pada tahun 1976, atau sekitar satu tahun sebelum Apple II rilis ke publik.

Kertas berisi tulisan tangan Steve Jobs tentang spesifikasi komputer Apple 1 terjual 270 ribu dolar AS (Rp 3,8 miliar). Via viva.co.id

Sebelumnya, surat lamaran kerja Steve Jobs juga pernah laku dengan harga 174 ribu dolar AS (Rp 2,3 miliar dalam sebuah lelang, dibeli pengusaha Inggris. Bahkan, harga itu tiga kali lebih tinggi dari yang diperkirakan rumah lelang RR yang melakukan penjualan. “Banyak pembeli yang meraih keuntungan dari teknologi yang diciptakan Apple. Kami rasa, barang milik Steve Jobs lain juga akan menghasilkan nilai tinggi,” demikian keterangan dari rumah lelang RR, seperti dimuat dalam laman Suara.com.

Surat lamaran kerja itu dibuat pada tahun 1973 silam ketika Steve Jobs masih berusia 18 tahun. Di surat tersebut, terlihat bahwa saat itu dia masih menempuh pendidikan di Reed College, Oregon, Amerika Serikat. Dalam kolom ‘Kemampuan Khusus’, dia menulis ‘Insinyur Teknik atau Perancang Digital’. Gila ya, Cakap People!