in ,

Deretan Strategi Tidur dari Berbagai Belahan Dunia, Inemuri Jepang Salah Satunya!

Seperti apa strategi yang dimaksud?

CakapCakapCakap People! Sudah diketahui bersama bahwa tidur merupakan bagian penting dari kesehatan tubuh kita. Namun, tidur tepat waktu, tertidur dengan cepat, bangun dengan perasaan segar dan berenergi tidak selalu mudah. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ada beberapa strategi tidur yang bisa kamu terapkan.

Sejumlah negara dari berbagai belahan dunia memiliki berbagai strategi tidur masing-masing. Seperti apa strategi yang dimaksud?

Deretan Strategi Tidur dari Berbagai Belahan Dunia, Jepang Salah Satunya!
Ilustrasi

Mengutip dari laman Verywellmind, berikut adalah beberapa strategi tidur dari berbagai belahan dunia.

1. Inemuri di Jepang

Inemuri juga dimaknai sebagai “hadir sambil tidur”. Apa maksudnya? Dalam budaya Jepang, tidur di tempat kerja tidak dianggap buruk. Tidur malah diterima dan dihargai karena menunjukkan bahwa orang tersebut telah bekerja keras dan memprioritaskan produktivitas.

Oleh karenanya, pekerja sering tidur siang di tempat umum seperti bangku taman, transportasi umum, jalanan, ruang kantor, tangga, dan lainnya di Jepang.

2. Siestas di Spanyol

Siesta sendiri adalah kebiasaan tidur yang sudah banyak dikenal. Dalam bahasa Spanyol, siesta berarti tidur siang. Ini melibatkan istirahat di tengah hari kerja untuk pulang dan menikmati makan siang bersama keluarga, kemudian diikuti dengan tidur siang. Kebiasaan tidur ini didukung oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa tidur siang singkat selama 10 menit dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja kognitif yang signifikan selama satu jam.

3. Metode Tidur Skandinavia

Di negara-negara Skandinavia, seperti Denmark, Norwegia, dan Swedia, banyak pasangan yang tidur satu ranjang namun menggunakan selimut yang berbeda, alias masing-masing. Mereka tidak berbagi selimut. Metode tidur ini dikenal sebagai metode tidur Skandinavia. Metode ini membantu mencegah gangguan tidur akibat gerakan atau preferensi suhu dari pasangan.

4. Sauna Finlandia

Sauna merupakan ruangan dengan suhu panas dan kering yang digunakan untuk membantu tubuh mengeluarkan keringat dan membakar lebih banyak kalori. Nah, ternyata, di Finlandia ada yang namanya mandi sauna.

Biasanya mengakhiri hari dengan mandi sauna yang panas adalah praktik kebugaran yang banyak diikuti di Finlandia dan telah populer di seluruh dunia. Sauna dipercaya membantu relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur. Studi menunjukkan bahwa sauna dapat melepaskan endorfin dan membantu mengurangi stres psikologis dan nyeri. Selain itu juga membantu mendorong interaksi sosial yang positif, yang semuanya dipercaya dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

BTS JIN

Jin BTS Selesai Wajib Militer Hari Ini, Berikut 7 Idol Kpop yang Segera Menyusul

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Saat di Gym, Apa Saja?

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Perempuan Saat di Gym, Apa Saja?