in ,

Beasiswa PIP untuk Ribuan Pelajar Luwu Raya

PIP atau Program Indonesia Pintar adalah program pemberian bantuan tunai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk anak sekolah usia 6 sampai 21 tahun. Mereka yang memiliki hak untuk memperoleh akses ini adalah anak sekolah yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin, yaitu yatim piatu, penyandang disabilitas, atau korban bencana alam atau musibah. Program ini sudah ada sejak lama, dengan penamaan yang berbeda di periode sebelumnya, misalnya Bantuan Siswa Miskin (BSM). PIP hadir dengan penyempurnaan program, monitoring, dan juga lebih tepat sasaran kepada masyarakat miskin di daerah.

Kartu Indonesia Pintar via prfmnews.com

Indonesia Pintar adalah program hasil kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemedikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag). Dengan adanya bantuan ini, siswa yang berada di kategori miskin dan rentan miskin dapat menggunakan bantuan tersebut untuk keperluan sekolah, mulai dari membeli seragam, membeli buku pelajaran, hingga transportasi ke sekolah.

Semakin dewasanya PIP, program ini semakin bisa dirasakan begitu merata ke seluruh daerah di Indonesia. Beberapa daerah yang tidak luput dari program tersebut adalah Kota Palopo dan Kabupaten Luwu. Tahun ini, pemerintah memberikan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 6.013 pelajar dari daerah tersebut. Amang Usman, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu, menyebutkan bahwa penerima PIP di Luwu adalah terdiri dari 2.323 siswa Sekolah Dasar (SD), 1.284 pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), 799 pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) serta 857 pelajar tingkat SMK. Perhatian dari pemerintah untuk ribuan pelajar di Luwu diharapkan dapat kontinu, dan terus dimanfaatkan oleh pelajar daerah untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka.

Kartu Indonesia Pintar untuk Penerima PIP via tribunnews.com

PIP dibedakan menjadi 3 paket terpisah berdasarkan jenjang pendidikannya. Pertama, Peserta didik SD/MI/Paket akan mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp450.000,-/tahun; Peserta didik SMP/MTs/Paket B akan mendapatkan bantuan pendidikan Rp750.000,-/tahun; dan Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C akan mendapatkan bantuan dana pendidikan Rp1.000.000,-/tahun. Pemerintah hanya mengharapkan agar siapapun yang mendapatkan beasiswa PIP bisa belajar dengan tekun dan tidak putus sekolah.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ini yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Smartphone-mu Basah

3 Perenang Indah Sulsel Perkuat Timnas untuk Asian Games