in ,

9 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan yang Sering Dianggap Remeh

CakapCakap – Cakap People, kacang hijau di bulan puasa Ramadhan ini tentunya akan jadi primadona. Pasalnya akan kerap dijadikan salah satu bahan pembuatan kolak atau bubur. Apakah kamu salah satu penyuka kacang hijau? Jika iya, simak dulu yuk ragam manfaatnya bagi kesehatan berikut ini!

1. Bagus untuk pencernaan

Ilustrasi pencernaan manusia via yoyic.id

Manfaat yang pertama adalah bagus untuk kesehatan pencernaan. Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk sistem pencernaan. Kacang ini juga bagus untuk membersihkan racun dalam tubuh lho.

2. Untuk mencegah anemia

Anemia via honestdocs.id

Manfaat yang selanjutnya adalah bagus untuk mencegah anemia. Anemia terjadi lantaran kekurangan darah merah di dalam tubuh. Kacang hijau memiliki kandungan berupa zat besi yang bagus digunakan dalam mencegah terjadinya gangguan yang satu ini.

3. Bagus untuk jantung

Ilustrasi kesehatan jantung via okezone.com

Kacang hijau juga bagus untuk kesehatan jantung lantaran kandungan seratnya yang tinggi. Hebatnya lagi, kacang hijau dapat pula digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

4. Bagus untuk bumil

Ibu hamil via pixabay/ Pexels

Kacang hijau memiliki kandungan berupa folat di dalamnya. Kandungan tersebut sangat baik bagi ibu hamil. Selain mencegah keguguran, folat juga berguna untuk menghindarkan bayi dari berat badan rendah hingga mencegah kerusakan saraf pada janin.

5. Untuk kesuburan

Ilustrasi pasangan via hellosehat.com

Kacang hijau mampu menstabilkan, memelihara serta menyehatkan bagian reproduksi dari pria ataupun wanita. Kacang ini mengandung omega yang bagus untuk kestabilan hormon sehingga memicu dalam mendapatkan keturunan.

6. Menurunkan berat badan

Ilustrasi timbangan berat badan via pixabay/ TeroVesalainen

Jika terganggu dengan berat badan, maka tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Kacang ini kaya akan protein serta serat yang bagus untuk diet.

7. Mencerahkan kulit

Kulit wajah cerah via ohayo.co.id

Kacang hijau bagus untuk membuat kulit menjadi lebih cerah. Kacang ini memiliki kandungan kolagen yang bagus untuk menyehatkan kulit kita.

8. Mencegah kanker

Peduli kanker via detik.com

Manfaat kacang hijau yang selanjutnya adalah untuk mencegah gangguan kesehatan berupa kanker. Kacang ini bagus untuk perempuan karena mampu mencegah gangguan kanker payudara.

9. Untuk meningkatkan kepadatan tulang

Ilustrasi olahraga via hellosehat.com

Kamu juga bisa menggunakan kacang hijau untuk menjaga kepadatan tulang. Kacang hijau memiliki kandungan magnesium yang bagus dalam menurunkan resiko osteoporosis pascamenopouse.

Selain ragam manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat kacang hijau yang lainnya lho, Cakap People! Maka dari itu jangan sepelekan kacang hijau ya, karena kenyataannya banyak manfaat yang dimiliki makanan dari jenis kacang-kacangan satu ini.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Biar Hubungan Tak Makin Drama, Ini Cara Terbaik Redam Rasa Cemburumu

Anak Demam? Ini Dia Perawatan di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan!