in ,

Yummy! 3 Makanan Khas Gorontalo untuk Segarkan Liburanmu

CakapCakap — Kalau ngomongin provinsi Gorontalo, pasti yang ada di pikiranmu adalah wisata bahari dengan air laut yang biru serta suasana yang masih asri. Padahal kalau Cakap People ke kota yang satu ini, kamu bsia menemukan banyak sekali makanan khas daerah yang nggak bakalan bikin kamu kecewa. Perjalanan kuliner ini nggak cuma membuat liburanmu lengkap, tapi juga perut kenyang.

Mau tahu apa saja makanan khas Gorontalo yang luar biasa ini? Yuk, langsung simak di bawah ini!

1. Ilabulo

Ilabulo kuliner berbahan dasar sagu khas Gorontalo via Instagram.

Ilabulo merupakan salah satu makanan yang wajib kamu santap ketika mampir ke Gorontalo. Makanan yang berasal dari olahan tepung sagu yang di dalamnya diisi dengan telur, ayam, jerohan, dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah ini adalah salah satu makanan khas Gorontalo.

Konon katanya, kuliner ini merupakan makanan ringan disajikan untuk raja-raja setelah terjadi konflik. Perdamaian di antara dua belah pihak menghadirkan Ilabulo yang sangat gurih, nikmat, dan membuat siapa saja yang menyantapnya jadi ketagihan.

2. Binte Biluhuta

Sedapnya jagung manis diolah menjadi Binte Biluhuta via Instagram.

Kuliner satu ini memiliki rasa manis yang berasal dari jagung khas Gorontalo. Rasa manis ini akan berpadu dengan sempurna dengan kuag gurih yang super nikmat. Jagung khas Gorontalo memang terkenal di mana-mana. Di dalam mangkuk yang kosong, jagung yang telah matang dan dikukus akan dicampur dengan parutan kelapa dan suwiran daging ayam, dan udang. Kalau semua bahan sudah masuk, kuah gurih segera disiramkan untuk menambah kelezatan.

Menyantap kuliner yang satu ini, pasti akan selalu membuatmu rindu akan Gorontalo. Dan, dijamin kamu pasti ingin kembali lagi ke kota Gorontalo hanya untuk menyantap Binte Biluhuta.

3. Ayam Iloni

Ayam Iloni, sajian daging ayam berempah via Instagram.

Cakap People, percaya nggak sih setiap provinsi di Indonesia pasti memiliki satu kuliner khas yang berbahan dasar daging ayam? Tapi kuliner khas dengan daging ayam yang satu ini berbeda dengan provinsi lainnya.

Ayam Iloni, memiliki rasa pedas yang menggigit. Ayam iloni mirip sekali dengan ayam bakar meski proses memasaknya dengan dipanggang di dalam oven yang panas. Daging ayam mentah dibumbui dengan bawang merah dan putih, kemiri, jahe, cabai, dan kunyit untuk memberikan warna kuning. Sebelum dipanggang, ayam ini akan dimasukkan ke dalam santan sehingga memiliki cita rasa gurih. Hmm… enak enak enak!

Itulah tadi daftar makanan khas dari Gorontalo yang patut kamu coba saat berkunjung di sana. Jalan-jalan ke kota Gorontalo tanpa melakukan wisata kuliner pasti membuat Cakap People menyesal telah melewatkan rasa nikmat yang tidak bisa ditemui di daerah lain. [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Terkepung Kawanan Bumblebee di Transformers Park Solo

Oh! Ini yang Dilakukan Mantan Saat Stalking Medsosmu!