in

Wow! Planet Terpanas di Alam Semesta Ini Bersuhu 4.300 Derajat Celcius

CakapCakap – Alam semesta ini dihuni oleh banyak materi termasuk planet. Selama ini Cakap People mungkin hanya mengenal ada sembilan planet dalam tata surya, yang memang sudah sangat dikenal karena terus dipelajari di sekolah sejak kecil. Tapi, planet yang ada di alam semesta ternyata bukan hanya sembilan planet tersebut, karena masih ada banyak planet kecil lainnya yang selama ini tidak masuk dalam daftar tersebut. Beberapa planet itu pun juga terbentuk dari berbagai materi berbeda.

Planet paling panas di alam semesta ternyata adalah planet KELT-9b, dengan suhu 4.300 derajat celsius pada siang hari. Via liputan6.com

Beberapa waktu lalu, sekelompok peneliti dari Vanderbilt University dan Ohio State University, AS menemukan planet luar surya (eksoplanet) yang sangat panas. Saking panasnya, bahkan permukaan planet ini lebih panas daripada kebanyakan bintang. Menurut laporan Beritagar.id, planet bernama KELT-9b itu tidak seperti kebanyakan eksoplanet, karena suhu permukaannya bisa mencapai sekitar 4.300 derajat celsius pada siang hari, sehingga menjadi planet terpanas di alam semesta saat ini.

Sebagai perbandingan, kebanyakan bintang hanya bersuhu 920 derajat celsius, jauh lebih dingin dari permukaan matahari yang sekitar 5.500 derajat celsius. Bahkan, planet Merkurius yang berada di dekat matahari saja hanya mencapai suhu 420 derajat celsius pada permukaannya. Setiap 1,5 hari, planet KELT-9b yang berjarak 650 tahun cahaya dari bumi itu membuat orbit penuh mengelilingi bintang dua kali lebih panas, mencapai suhu 9.900 Celsius, dan hampir 2,85 kali ukuran matahari.

Selama ini orang menganggap planet Merkurius paling panas di tata surya karena dekat dengan matahari. Via infoastronomy.org

Selama ini, orang-orang menganggap planet Merkurius sebagai planet terpanas di tata surya, karena posisinya yang paling dekat dengan matahari. Namun, hal itu ternyata hanya mitos, seperti dimuat dalam laman Bernas.id, karena fakta yang sebenarnya planet terpanas yang ada di sistem tata surya adalah planet Venus. Planet Merkurius tidak menjadi planet yang terpanas, karena rendahnya massa dan dekatnya jarak dengan matahari, sehingga planet tersebut memiliki atmosfer yang lebih tipis.

Dengan begitu, panas matahari yang masuk akan dipantulkan lagi oleh permukaan dan dikeluarkan ke angkasa. Sebaliknya dengan planet Venus, walau sedikit jauh dari matahari, tapi punya atmosfer yang tebal menyelimuti planet, sehingga panas terperangkap di dalam planet dan membuat suhu di permukaan semakin panas, bahkan bisa melelehkan besi dalam waktu singkat. Begitu Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Luar Biasa! Ilmuwan AS Bangun Magnet Resistif Terkuat di Dunia Senilai Rp 46,7 M

Duh! Idap Penyakit Langka, Wanita Inggris Ini Hanya Bisa Mandi 2 Kali Setahun