in ,

Wow! NASA Berhasil Uji Coba Helikopter Terbang ke Planet Mars

CakapCakap – Berbagai inovasi terus dilakukan dalam mendapatkan upaya-upaya terbaru untuk melakukan pendaratan di Planet Mars. Nah, sebagai informasi terbaru bagi Cakap People, ternyata lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA baru saja berhasil melakukan uji coba untuk penerbangan helikopter ke Planet Mars. Memang, helikopter yang rerncananya akan dikirim terbang ke Planet Mars tersebut hanya berukuran mini, dan wujudnya pun lebih bisa disebut menyerupai drone.

NASA menyiapkan helikopter mini untuk terbang ke Planet Mars pada 2020 atau 2021. Via skyegrid.id

Seperti dilaporkan oleh laman Merdeka.com, helikopter mini berbobot 1,8 kilogram tersebut diuji coba di dalam ruang vakum Jet Propulsion Laboratory milik NASA seperti ruang hampa udara. NASA sendiri berencana akan menerbangkan helikopter mini pada tahun 2020 atau 2021 mendatang dan mengontrolnya dari jarak ratusan juta mil. “Bisa menyesuaikan kondisi atmosfer Planet Mars ke helikopter adalah salah satu tantangannya,” ungkap konduktor uji coba helikopter Teddy Tzanetos.

Desain helikopter bernama Mars Helicopter ini sendiri sudah dikerjakan selama empat tahun oleh Jet Propulsion Laboratory NASA. Jika sesuai dengan rencana, maka diperkirakan helikopter ini akan mendarat di permukaan Planet Mars pada bulan Februari 2021. Namun, penerbangan helikopter ini sama sekali tidak akan mempengaruhi misi penerbangan ke Planet Mars. Malah sebaliknya, jika misi helikopter ini berhasil, maka akan dapat membantu misi ke Planet Mars, karena helikopter ini dapat mereka video permukaan Planet Mars dalam posisi bird-eye yang tidak dapat dilakukan sebelumnya.

Helikopter mini buatan NASA sudah berhasil melewati uji coba di ruang hampa udara sebelum terbang ke Planet Mars. Via detik.com

Proyek helikopter ini sendiri memang didesain untuk mendemonstrasikan teknologi yang akan bisa menunjukkan bagaimana pesawat buatan manusia tetap bisa terbang di planet selain bumi, seperti dijelaskan dalam laman Inet.Detik.com. Sebelumnya, NASA baru pernah mengeksplorasi Planet Mars menggunakan kendaraan darat, seperti Spirit, Opportunity, dan Terakhir Curiosity. “Persiapan untuk terbang perdana di Planet Mars adalah terbang selama 75 menit dengan pesawat uji coba, yang sangat mirip dengan helikopter ini,” ucap Project Manager Mars Helicopter MiMi Aung menjelaskan.

Dalam uji coba itu, helikopter ini memang hanya bisa mencapai ketinggian 5 cm dari permukaan. Namun data itu diperlukan, yang menunjukkan kalau helikopter tersebut akan bisa terbang di Planet Mars. Dalam pengujian kedua, helikopter ini terbang selama satu menit. Keren ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Pria Pemburu Liar Ini Mati Diinjak-Injak Gajah, Lalu Dimakan Singa

Penting! Berjalan Kaki Dua Kali Seminggu Bisa Bantu Cegah Penyakit Jantung