in ,

Wow! Meteor dari Bulan Ini Dilelang dengan Nilai Miliaran Rupiah

CakapCakap – Semua hal yang berkaitan dengan luar angkasa memang sangat menarik bagi banyak orang. Cakap People pun mungkin merasakan hal yang sama, karena kehidupan luar angkasa masih baru bisa kita ketahui dari media massa. Makanya, tak heran jika benda-benda luar angkasa pun juga bisa membuat orang-orang tertarik untuk bisa memilikinya. Selain unik dan luar biasa, benda-benda luar angkasa tentunya juga sudah dipastikan tidak akan bisa mudah ditemukan di muka bumi ini.

Salah satu meteor yang jatuh ke bumi tertangkap oleh kamera satelit. Via inquisitr.com

Makanya, ketika ada sebuah meteor dari bulan dilelang dengan harga miliaran rupiah, mungkin hal itu terlihat wajar bagi orang-orang yang mengggilai segala hal berbau luar angkasa. Memang benar, seperti dilansir laman Merdeka.com, Selasa (16/10/2018), sebuah meteor dari bulan yang dikenal dengan nama ‘The Moon Puzzle dijual dengan nilai mencapai 500 ribu dolar AS, atau setara dengan Rp 7,6 miliar, dalam acara pelelangan meteorit di New York, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu.

Salah satu perusahaan meteorit komersial paling besar di dunia yang berbasis di Tuscon, Arizona, Amerika Serikat, Aerolite Meteorites Inc menjadi penggagas pelelangan batu meteor dari bulan tersebut. Batu meteor ini sendiri memiliki kode NWA 11789, dan secara tidak resmi dikenal sebagai ‘Buagaba’. Sesuai dengan namanya, meteor ini ternyata memang terdiri atas enam fragmen yang bisa disatukan seperti sebuah puzzle. Tidak heran jika meteor ini menarik perhatian banyak orang.

Salah satu meteor yang jatuh dari luar angkasa dilelang dalam sebuah acara di luar negeri. Via npr.org

Namun, dibanding ‘The Moon Puzzle’ ini, nilai pelelangan sejumlah meteor yang dilakukan balai lelang Christie’s di London, Inggris pada bulan Maret 2016 lalu jauh lebih besar lagi, seperti dikutip dari laman Liputan6.com. Total nilainya ditaksir mencapai 3,4 juta poundsterling, atau setara dengan Rp 64,7 miliar. Meteor yang dijual memang tak satu, melainkan mencapai 83 meteor. Salah satunya adalah meteor berbentuk setengah perisai seberat setengah ton yang menjadi barang termahal, dengan taksiran nilai sebesar 800 ribu poundsterling, atau setara dengan uang sekitar Rp 15,2 miliar.

“Meteor-meteor ini membangkitkan rasa kagum, sebagaimana halnya melihat benda luar angkasa yang selalu terasa ganjil,” ungkap kepala penjualan James Hyslop. Ada Cakap People yang tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wow! Potensi Wakaf Tunai di Indonesia Bisa Capai Rp 180 T

Ikut Lawan Cyberbullying, Twitter Gunakan Teknologi Algoritma