in

Wow! Ikuti Jejak Snapchat, Wechat kini Miliki Fitur Stories

CakapCakap – Cakap People,  kepopuleran AI dan AR yang muncul dalam video pendek, tampaknya tak hanya dimiliki perusahaan Snapchat saja. Meskipun, Snapchat merupakan perusahaan pertama yang memperkenalkan Stories, fitur ini akhirnya merebak luas dalam waktu yang singkat. Terbukti, banyak aplikasi-aplikasi yang mengikuti ide tersebut, diantaranya adalah Facebook, Instagram, Whatsapp dan kini Wechat.

Dilansir dari TechCrunch, aplikasi perpesanan terbesar di China dengan pengguna aktif lebih dari 1 miliar ini baru saja menambahkan fitur video singkat berjudul Time Capsule yang memiliki kesamaan dengan Instastories dan Snapchat.

Hal ini memang bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Selain banyak pengguna yang gemar membagikan video pendek, pemilik Tencent yang sekaligus juga pencetus aplikasi Wechat, telah berinvestasi sebesar 12% di perusahaan Snap Inc.

WeChat selama bertahun-tahun sudah menjadi raja bagi seluruh aplikasi perpesanan dengan memberikan banyak fitur yang mempermudah penggunanya untuk melakukan apapun tanpa harus meninggalkan aplikasi ini. Contohnya saja, di China kamu bisa membayar makanan dengan aplikasi perpesanan yang satu ini.

Time Capsule Milik Wechat via TechCrunch
https://techcrunch.com/wp-content/uploads/2018/12/13471545648785_.pic_.jpg

Namun, berbeda dengan Instagram dan Facebook, Time Capsule akan mengirimkan videonya melalui Moments dalam obrolan grup, atau daftar pengguna lainnya. Sedangkan untuk Instagram dan Facebook, stories dari orang-orang yang kamu ikuti dapat melihatnya langsung di bagian atas aplikasi.

Time Capsule sendiri bisa dibilang agak sedikit tertinggal. Tak hanya dalam segi tanggal rilisnya, Time Capsule juga masih tidak memungkinkan para pengguna untuk berbagi stories-nya dengan teman-teman terdekat (close friends).

Meski begitu, Time Capsule sedikit lebih maju dengan fitur berbagi video dari WeChat. Fitur ini memungkinkanmu untuk menambahkan lokasi dan musik. Fungsi ini merupakan fungsi yang sama dengan beberapa aplikasi video pendek lainnya, seperti TikTok. Pengguna juga dapat memberikan respon seperti meniup “Bubbles” secara virtual.

Meski merajai aplikasi perpesanan di China, beberapa pengguna mengakui bahwa aplikasi ini tidak sempurna. Hal ini dikarenakan terlalu banyaknya kontak yang masuk ke dalam daftar pertemanan, mulai dari bos hingga penjual buah lokal yang mereka tambahkan sebagai teman untuk mempermudah proses pembayaran melalui Wechat Pay. Terlalu banyaknya orang dalam daftar pertemanan menyebabkan tak adanya privasi, terutama dalam fitur barunya, yaitu Time Capsule. 

Nah, Cakap People sudah mencoba fitur ini belum?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Duh, 5 Zodiak Berikut Paling Rentan Selingkuh! Siapa Saja?

Girls! Ini Dia Deretan Makeup Halal Dari Berbagai Negara