in ,

Wow! Asian Games 2018 Sisakan 1.119 Ton Sampah di Jakarta

CakapCakap – Penyelenggaraan ajang olahraga empat tahunan level Asia, Asian Games 2018 telah selesai dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, selama hampir satu bulan. Kontingen Indonesia pun berhasil mencatatkan prestasi luar biasa, dengan total raihan medali terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan pada ajang ini, yang tentu juga telah membuat bangga Cakap People. Namun, di balik kesuksesan penyelenggaraan dan pencapaian total medali, ada pula catatan lain yang juga luar biasa.

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat selama 16 hari penyelenggaraan Asian Games 2018 ternyata menghasilkan lebih seribu ton sampah, dari seluruh venue yang ada di Jakarta, dan hanya sekitar 16 persen yang bisa didaur ulang. “Mencapai 1.119 ton. Sebanyak 180 ton berhasil dipilah dan didaur ulang. Sedangkan sisanya 939 ton dikirim ke TPST Bantargebang untuk diproses lebih lanjut,” ucap Kepala Dinas LH DKI Jakarta Isnawa Adji dilansir Media Indonesia, Senin (3/9/2018).

Namun menurutnya, jumlah sampah yang dihasilkan tersebut masih tergolong minim mengingat ajang akbar se-Asia itu dihadiri hingga puluhan ribu orang. “Sampah yang dihasilkan dari venuevenue terhitung minim, mulai dari opening ceremony, selama pelaksanaan pertandingan, sampai closing ceremony. Untuk event keramaian sebesar ini, sampahnya tergolong minim,” tambahnya.

Para suporter Jepang memungut sampah usai mendukung atletnya di Asian Games 2018 via http://cdn2.tstatic.net/style/foto/bank/images/suporter-jepang-bersihkan-sampah-di-venue-asian-games-2018_20180822_171500.jpg

Secara lebih detail, Isnawa mengungkapkan bahwa pada saat upacara pembukaan yang diperkirakan dihadiri 80 ribu orang, sampah yang dihasilkannya mencapai 149 meter kubik atau 55 ton sampah. Sedangkan pada saat seremoni penutupan menghasilkan sampah sekitar 143 meter kubik atau 52,7 ton. Untuk acara penutupan, Dinas LH DKI Jakarta mengerahkan 410 personel ‘pasukan oranye’, dibantu 1.000 relawan dari SMK Perindustrian Kementerian Perindustrian dan perusahaan Danone.

Disebutkan lagi oleh Isnawa, petugas dan relawan tidak kesulitan dalam membersihkan area acara dan sekitarnya, karena hanya sedikit saja sampah yang tercecer dan dibuang tidak pada tempatnya. ”Kami sangat mengapresiasi penonton yang mulai mengurangi timbulan sampah dan meletakkan sampah di tempatnya,” pungkasnya.

Apresiasi besar tentu harus diberikan juga kepada petugas kebersihan ini, ya Cakap People! Dengan sumbangsih semua pihak, Asian Games 2018 bisa sukses. [ED/ YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bukan Harta atau Fisik Semata, Ini yang Buat Pria jadi Lebih Menarik!

Waspada! Marak Kamera Tersembunyi di Toilet Umum Korea Selatan