in ,

Waspada! Penyakit Tak Menular di Indonesia Terus Meningkat

Penyakit tak menular di Indonesia terus meningkat, salah satunya terkait dengan gaya hidup tidak sehat. Via doktersehat.com

CakapCakap – Penyakit tidak menular (PTM) kini memang menjadi bahaya besar bagi umat manusia dengan semakin banyak mengambil korban jiwa di seluruh dunia. Seperti yang mungkin juga sudah sering Cakap People dengar, penyakit tak menular ini seperti kanker, stroke atau serangan jantung, diabetes, dan hipertensi. Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan ditemukan fakta bahwa penyakit tak menular di Indonesia terus meningkat.

Penyakit tak menular di Indonesia terus meningkat, salah satunya terkait dengan gaya hidup tidak sehat. Via doktersehat.com

Dikutip dari laman iNews.id, jumlah penderita sejumlah penyakit tak menular di Indonesia saat ini memang terus mengalami peningkatan, terutama jika dibandingkan dengan hasil Riskesdas terakhir kali pada tahun 2013 silam. Penyakit tak menular yang mengalami kenaikan tersebut terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan, kurangnya aktivitas fisik, serta kurangnya mengonsumsi serat seperti buah-buahan dan sayuran.

Kanker, stroke, diabetes, dan hipertensi menjadi penyakit tak menular yang mengalami peningkatan paling signifikan di Indonesia. Diketahui bahwa prevalensi kanker naik dari 1,4 persen pada 2013 lalu menjadi 1,8 persen, di mana kasus terbanyak adalah kanker leher rahim dan payudara. Kemudian, prevalensi stroke naik dari 7 persen menjadi 10,9 persen, dan diabetes dari 6,9 persen menjadi 8,5 persen. Sedangkan prevalensi hipertensi di Indonesia mencapai 34,1 persen, naik dari 25,8 persen.

Stroke yang disebabkan oleh serangan jantung menjadi salah satu penyakit tak menular paling mematikan di Indonesia. Via tribunnews.com

Sementara itu, menurut laman HelloSehat.com, kelima penyakit tak menular itu sendiri ternyata termasuk dalam daftar penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Berdasarkan hasil survei dari Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014, stroke adalah penyakit paling mematikan nomor satu di Tanah Air, dengan 21,1 persen kasus stroke berakhir pada kematian dalam satu tahun terakhir. Begitu pula dengan diabetes yang menyumbang 6,5 persen kematian penduduk Indonesia berdasarkan data WHO tahun 2013, dan juga hipertensi menyebabkan sekitar 9,4 persen kematian.

Selain itu, ada pula penyakit jantung koroner yang jumlah kasusnya di Indonesia terus meningkat sebanyak 7-12,1 persen dari total penduduk Tanah Air menurut data dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan. Makanya, Cakap People harus mulai menjalani hidup sehat dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Duh! Jumlah Gizi Buruk Anak Indonesia Masih di Atas Batas WHO

Samsung Layar Lipat Berhasil Curi Perhatian, Begini Tampilannya!