in ,

Waspada! Biji 6 Buah Favorit Ini Ternyata Beracun Jika Terkunyah

CakapCakap – Kekayaan buah dan sayur yang ada di tanah air memang tak diragukan lagi, begitu beragam. Pangan satu ini juga sudah tak lagi diragukan soal kandungan berbagai nutrisinya yang pasti baik bagi kesehatan tubuh saat dikonsumsi. Namun ada fakta mencengangkan lho Cakap People!

Rupanya tidak semua bagian buah itu bisa membuatmu aman mengonsumsinya. Kenapa? Itu karena ada buah yang punya biji kecil tapi memiliki bahaya bila tertelan oleh manusia. Buahnya sih punya kandungan bagus bagi kesehatan tubuh, tetapi bijinya justru beracun.

Buah-buahan via Pixabay

Penelitian juga menyebutkan bahwa ada biji dari beberapa buat memiliki kandungan asam sianida yang membahayakan. Berdasarkan Canadian Food Inspection Agency, terdapat buah-buahan yang punya racun alami berupa cyanogenic glycoside.

Kandungan toksin pada biji ini sebenarnya tak berbahaya jika tak terkunyah. Akan jadi bahaya bila glikosida sianogenik ini berubah menjadi hydrogen sianida yang beracun, Cakap People. Buah-buahan ini diantaranya plum, pir, aprikot, apel, persik, dan ceri.

Pada buah-buahan ini terdapat kandungan amigdalin yang merupakan molekul dengan basic sianida dan gula. Hanya saja bila biji ini mengalami kerusakan akibat dikunyah, maka enzim hewan atau manusia yang bersinggungan dengan molekul ini akan memotong bagian gula dari molekul. Nah sisanya itulah yang akan terurai hingga terbentuk hydrogen sianida yang merupakan gas beracun.

Buah apel via Pixabay

Mengutip Theguardian, apel merupakan buah yang punya kandungan amigdalin terbesar, yakni 3 miligram per biji. Sementara toksisitas sianida yang dialami manusia itu ada pada dosis kisaran 0,5 hingga 3,5 miligram per kg berat badan. Bisa dibayangkan bukan seberapa ngerinya, Cakap People? Tapi tak semuanya akan diubah menjadi hydrogen sianida, melainkan juga akan dipecah jadi gula.

Sementara untuk gejala keracunan sianida ini sendiri terlihat dari adanya rasa sakit di kepala, mual, muntah, kram perut, gagal napas, bisa serangan jantung, koma, bahkan mengerikannya bisa berujung kematian. Sebagai pencegahan, ada baiknya upayakan untuk tidak sampai menelan hingga mengunyah biji-bijian dari beberapa buah yang disebutkan tadi ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

4 Kota di Indonesia Ini Punya Biaya Hidup Paling Murah, Ingin Pindah?

Rumah Batu di Wonogiri Ini Bak Kediaman Patrick Star dalam Kartun Spongebob, Lihat Kemegahannya!