in ,

Wanita Pertama Duduki Posisi Duta Besar Saudi untuk Amerika, Siapa Dia?

CakapCakap – Putri Rima binti Bandar ditunjuk oleh Arab Saudi sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk AS. Penunjukan ini tentunya menjadi sorotan publik secara luas. Penunjukannya juga tercatat dalam sejarah lantaran hal ini merupakan pertama kalinya seorang perempuan Arab Saudi mengisi posisi tersebut lho, Cakap People! Lantas siapakah wanita tersebut?

Ia adalah Putri Rima. Siapa dia? Putri Rima merupakan anak mantan Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat yaitu Badar bin Sultan. Putri Rima pernah menghabiskan masa remajanya di Amerika Serikat. Sebelum mendapatkan kepercayaan sebagai Duta Besar, Putri Rima telah lama memimpin gerakan pemberdayaan perempuan di Arab Saudi.

Putri Rima, dubes pertama Saudi untuk AS. via bbc.com

Putri Rima juga diketahui pernah bekerja di Otoritas Olahraga Arab Saudi. Ia menjalankan kampanye untuk meningkatkan partisipasi kaum wanita di bidang olahraga. Di tahun 2017 yang lalu, Putri Rima menjadi perempuan pertama yang memimpin federasi di berbagai olahraga Arab Saudi, yaitu sebuah ajang olahraga yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

Putri Rima adalah lulusan Universitas George Washington Amerika Serikat pada jurusan ilmu studi Museum. Pada tahun 2005, ia kembali ke negaranya dan menjabat sebagai CEO untuk Alfa Internasional dan Al Hama.

Ia pernah meluncurkan tas dengan merek Baraboux di tahun 2013 yang lalu. Ia juga diketahui mendirikan dana equitas bernama Reemiyah dan merupakan salah satu pendiri Yibreen, salon spa yang dikhususkan untuk perempuan.

Di bidang kemanusiaan, Duta besar Arab Saudi untuk AS ini menjadi salah seorang pendiri Zahra Asosiasi Kanker Payudara yang terletak di Riyadh. Ia juga menjadi anggota dewan Penasehat Bank Dunia untuk Pendanaan Pengusaha Perempuan.

Putri Rima via pelantar.id

Putri Rima juga pernah secara terbuka mengatakan jika perempuan perlu dilibatkan sebagai salah satu penggerak roda ekonomi sekaligus menggambarkan reformasi di Arab Saudi sebagai revolusi dan bukannya kebarat-baratan.

Putri Rima juga mengatakan jika kerajaan Arab telah berusaha mengatasi masalah-masalah terbesar bagi kaum perempuan dengan menerbitkan izin perempuan boleh menyetir mobil atau bahkan menonton pertandingan sepak bola. Putri Rima menyebut jika hal ini merupakan kemenangan yang cepat. Selama ini, Putri Rima juga menyoroti mengenai karir serta jabatan-jabatan di Arab Saudi yang masih juga didominasi oleh laki-laki.

Wah, patut diacungi jempol ya, Cakap People keberhasilan Putri Rima ini! Melihat dedikasi dan perjuangannya, pada akhirnya ia mampu mendobrak sebuah tradisi demi emansipasi wanita di negaranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bukan Cuma Film, Ternyata Ada 5 Mutasi Gen Teraneh pada Manusia!

Jurus Jitu Bagi Introvert Tampil Percaya Diri Bicara di Depan Umum, Patut Dicoba!