in ,

Wajib Tahu! Push-Up 40 Kali Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Serangan Jantung

CakapCakap – Olahraga memang punya banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, terutama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi jika Cakap People menjalani olahraga secara rutin dan teratur, maka manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh pun akan lebih maksimal. Salah satu contoh, misalnya push-up setiap hari ternyata bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung. Karena, para pria yang rutin melakukan push-up ternyata punya risiko serangan jantung lebih kecil.

Push-up setiap hari ternyata bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung. Via t-nation.com

Seperti dimuat pada laman Merdeka.com, sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa kesehatan yang dimiliki oleh seseorang ternyata dapat diukur oleh jumlah push-up yang bisa mereka lakukan. Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal ‘Jama Network Open’ itu diketahui bahwa pria usia paruh baya yang dapat melakukan push-up sebanyak 40 atau lebih memiliki risiko masalah jantung yang lebih kecil. Ini berdasarkan data sebanyak 1.104 pemadam kebakaran selama periode 10 tahun.

Secara periodik, partisipan mendapat penilaian kesehatan fisik, seperti berapa banyak push-up yang bisa mereka lakukan. Riwayat kesehatan pemadam kebakaran itu juga dicatat untuk mengetahui apa ada masalah atau penyakit di jantung. Faktanya, mereka yang bisa push-up 40 kali punya penurunan risiko sebanyak 96 persen dibanding dengan rekan mereka yang hanya mampu push-up lebih sedikit. “Secara mengejutkan, kemampuan push-up ini lebih kuat hubungan dengan risiko penyakit jantung, jika dibandingkan dengan hasil tes treadmill,” jelas Justin Yang selaku peneliti dalam riset tersebut.

Kemampuan push-up lebih kuat hubungan dengan risiko penyakit jantung, jika dibanding hasil tes treadmill. Via coachmag.co.uk

“Penemuan kami membuktikan bahwa push up bisa menjadi metode yang mudah dan tidak berbiaya untuk membantu memeriksa tanda penyakit kardiovaskular dalam hampir semua situasi,” ujar Justin lagi. Selama masa riset yang dilakukan oleh residen kedokteran Departemen Kesehatan Lingkungan Harvard itu, ada 37 orang yang dilaporkan mengalami penyakit kardiovaskular, seperti dimuat pula dalam laman BolaSport.com. Mereka adalah yang kurang melakukan push-up selama latihan dasar.

Dalam riset ini dijelaskan juga bahwa subjek penelitian adalah pria usia dewasa menengah yang aktif secara fisik karena profesinya. Jadi, jika Cakap People kurang aktif secara fisik, mungkin kamu perlu menambah jumlah push-up untuk mendapat manfaat bagi kesehatan jantung. Ayo mulai push-up!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sering Mendapatkan Tekanan yang Menjengkelkan di Kantor? Ini Tips Ampuh Atasinya!

Tampil Stylish Dengan Pemilihan Model dan Warna Kaus Kaki yang Tepat