in ,

Wajib Tahu! Olahraga Angkat Beban Lebih Disarankan untuk Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian menemukan fakta bahwa olahraga angkat beban jauh lebih baik untuk kesehatan jantung. Via kompas.com

CakapCakap – Kesehatan jantung menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Banyak data yang menunjukkan bahwa serangan jantung merupakan salah satu penyakit tidak menular yang saat ini paling mematikan bagi manusia. Oleh karena itu, Cakap People pun harus mengetahui bahwa penting untuk menjaga kesehatan jantung, terutama sejak masih muda. Ada beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung yang selama ini sudah diketahui oleh banyak orang.

Sejumlah penelitian menemukan fakta bahwa olahraga angkat beban jauh lebih baik untuk kesehatan jantung. Via kompas.com

Namun, menurut hasil sebuah penelitian terbaru diketahui bahwa olahraga angkat beban ternyata dinilai lebih baik untuk kesehatan jantung dibanding dengan olahraga lari, seperti dilaporkan oleh laman Republika.co.id. Para peneliti menemukan fakta bahwa bentuk latihan statis rupanya punya dampak lebih besar dari semua bentuk latihan untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Terlibat dalam jenis aktivitas dengan tingkat faktor risiko kardiovaskular yang lebih rendah, ternyata dapat memberikan manfaat yang paling kuat pada orang muda dan mereka yang memilih latihan statis.

“Aktivitas statis tampak lebih bermanfaat daripada dinamis dan pasien yang melakukan kedua jenis aktivitas fisik bernasib lebih baik dari pasien yang hanya meningkatkan level satu jenis aktivitas,” ujar ahli epidemiologi statistik dan asisten profesor di Universitas St George di Grenada, Maia Smith. Tapi dia memang menegaskan bahwa yang terpenting adalah terlibat dalam aktivitas fisik. “Yang penting adalah memastikan mereka terlibat dalam aktivitas fisik. Penelitian nanti harus mempertimbangkan perbedaan dan rekomendasi latihan harus mencakup komponen statis,” pungkasnya menambahkan.

Latihan yang melibatkan beban diketahui bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah. Via tokoolahraga.com

Penelitian lainnya juga membuktikan bahwa olahraga angkat bebas bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan juga diabetes tipe 2, selain bermanfaat membentuk otot tubuh, dimuat di laman Okezone.com. Alasannya, latihan yang melibatkan beban bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah. “Individu dengan diabetes tipe 2 dapat mengembangkan risiko penyakit jantung 4 kali dibandingkan mereka yang tidak,” ungkap Jonathan Little, asisten profesor di University of British Columbia (UBC).

Dia meneliti, olahraga angkat beban meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meminimalkan risiko serangan jantung. Jenis latihannya terutama latihan interval resisten, seperti leg press, extensions, dan angkat beban. Nah, mulai sekarang Cakap People mungkin bisa memilih olahraga angkat beban!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sederhana tapi Nikmat! Berikut Aneka Kuliner Khas Makassar Berbahan Dasar Pisang

Ternyata Jalan Kaki Bisa Jadi Olahraga untuk Memperpanjang Usia