in ,

Wajib Tahu! Olahraga 10 Menit Saja Ternyata Bisa Buat Bahagia

Olahraga meski hanya 10 menit terbukti mampu membuat seseorang menjadi bahagia. Via okezone.com

CakapCakap – Selama ini olahraga dikenal punya banyak sekali manfaat. Namun, kebanyakan orang hanya mengetahui manfaat olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Cakap People pun melakukan olahraga secara rutin pasti juga untuk mendapat manfaat tersebut, selain mungkin ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh yang sempurna. Padahal, masih ada banyak lagi manfaat lainnya dari berolahraga secara rutin, yang selama ini mungkin belum disadari orang.

Olahraga meski hanya 10 menit terbukti mampu membuat seseorang menjadi bahagia. Via okezone.com

Salah satunya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ternyata dengan berolahraga juga dapat membuat bahagia, seperti dimuat dalam laman Okezone.com. Aktivitas berolahraga rupanya bisa  membantu melepaskan hormon endorfin dalam tubuh, di mana hormon ini yang akan membuat seseorang jadi merasa bahagia. Bahkan menariknya, olahraga yang dilakukan pun tidak perlu lama, cukup hanya sekitar 10 menit saja setiap harinya, maka sudah bisa melepaskan hormon tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh YouGov menunjukkan rata-rata untuk orang dewasa di Inggris yang berolahraga tiga kali seminggu atau lebih, bisa mendapatkan hormon endorfin alami dalam sembilan menit 44 detik. Penelitian ini tidak hanya mengungkapkan bahwa mereka yang berolahraga secara teratur bisa mencapai euforia lebih cepat, tapi juga menunjukkan fakta lain bahwa para wanita bisa mendapatkan hormon endorfin lebih cepat satu menit dibandingkan kaum pria, dengan waktu rata-rata sembilan menit dan tujuh detik dibandingkan rata-rata orang selama 10 menit dan 20 detik.

Aktivitas fisik berjalan kaki pun bisa membuat seseorang jadi lebih bahagia. Via telemundo.com

Sebelumnya, laman Kompas.com juga pernah melaporkan bahwa peneliti dari University of Vermont menemukan fakta dengan berolahraga hanya 20 menit saja dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam. Selain itu, studi lainnya menyebut bahwa seseorang yang berolahraga 30-60 menit dalam tiga atau lima hari seminggu akan memiliki jiwa yang lebih sehat berdasarkan penelitian US Departement of Health and Human Services. Peneliti pun menunjukkan bahwa meski hanya dengan aktivitas fisik berjalan jarak dekat sekalipun mampu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Olahraga juga diketahui dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh, sehingga bisa jadi obat untuk depresi dan rasa cemas. Makanya, ayo olahraga Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tak Hanya Planet Terbesar, Jupiter Juga Jadi Planet Tertua di Tata Surya

Tak Hanya Menakjubkan Mata, 5 Fenomena Alam Ini Juga Bikin Merinding