in ,

Wajib Tahu! Latihan Ini 1 Menit Ternyata Setara Jogging 45 Menit

CakapCakap – Olahraga menjadi kegiatan aktivitas fisik yang banyak dilakukan orang untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Cakap People pun pastinya memahami bahwa menjalankan pola makan yang sehat memang tidak cukup untuk bisa menjaga kesehatan tubuh jika tidak diimbangi dengan aktif bergerak secara rutin dan teratur. Kegiatan olahraga pun bisa dilakukan minimal 3-5 kali dalam satu minggu, untuk mendapatkan manfaatnya yang banyak bagi kesehatan da tubuh.

Latihan sprint bisa menjadi pilihan aktivitas interval training dalam berolahraga. Via wowkeren.com

Namun, karena merasa repot atau tidak punya banyak waktu di gym membuat sebagian besar orang akhirnya meninggalkan jadwal olahraga. Untuk mengatasi masalah itu, ternyata bisa mencoba solusi melakukan latihan interval training selama satu menit, yang menurut sebuah penelitian di Kanada setara dengan jogging selama 45 menit, seperti dilaporkan oleh laman Health.Detik.com. Interval training ini merupakan latihan pendek dengan intensitas yang sangat tinggi, seperti latihan sprint.

Penelitian tersebut dilakukan pada 25 orang dengan berat badan berlebih dan dibagi menjadi dua tim. Tim pertama berlatih secara intensif dengan sprint dengan durasi 10 menit selama 12 minggu. Tim lainnya latihan dengan intensitas rendah seperti jogging di taman. Setelah itu, semua orang pun dianalisis kekuatan otot, kesehatan jantung, dan kelincahan aerobik. Hasilnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara tim yang berolahraga dengan intensitas tinggi maupun intensitas rendah.

Latihan sprint dalam interval training selama 1 menit punya manfaat sama seperti jogging 45 menit. Via gameffective.com

Para ahli dunia sendiri sebenarnya menganjurkan bahwa sebaiknya seseorang menjaga aktivitas fisiknya dengan melakukan olahraga 150 menit per minggu atau 30 menit per lima hari. Namun, dengan interval training, anjuran waktu olahraga tersebut bisa dipangkas, menurut laman Detik.com. Seseorang hanya perlu melakukan latihan sprint dengan sungguh-sungguh selama 60 detik dengan jeda istirahat selama dua menit untuk mendapat manfaat sama seperti melakukan jogging 45 menit.

Interval training, atau disebut juga High Intensity Interval Training (HIIT) secara teori bisa dilakukan dengan berlari dan berjalan bergantian. Latihan ini diyakini dapat meningkatkan metabolisme dan menjaga kalori tetap terbakar, bahkan hingga beberapa saat setelah latihan selesai. Namun yang perlu diingat, sebaiknya jangan lakukan latihan intensitas tinggi ini secara tiba-tiba tanpa persiapan. Selamat mencoba Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wow! Wanita Ini Berhasilkan Turunkan Berat Badan 25 Kg dengan Yoga

Cara Memanipulasi Penampilan Agar Tampak Langsing, Nyesel Kalau Gak Coba!