in ,

Wajib Tahu! Ini Olahraga Rahasia untuk Mengatasi Perut Buncit

CakapCakap – Setiap orang, baik pria maupun wanita pasti punya impian ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan sempurna. Cakap People pasti sepakat, perut buncit akibat otot bagian perut yang melemah dan mulai kendur tentu saja menjadi musuh besar bagi setiap orang, karena dapat merusak penampilan. Oleh karena itu, tak sedikit yang nekat melakukan diet ketat untuk mengatasi masalah ini. Padahal, mengatasi perut buncit juga harus diselesaikan dengan melakukan olahraga.

Perut buncit menjadi masalah besar bagi kebanyakan orang, baik pria maupun wanita. Via miignon.com

Namun, olahraga untuk mengatasi perut buncit tentu tak sembarangan, karena harus bisa melatih otot-otot di perut sehingga lebih kuat. Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari Slim and Health Sport Therapy Jakarta, Michael Triangto di laman Liputan6.com, sit up tidak lagi dianjurkan. Olahraga paling baik untuk mengatasi perut buncit bagi pemula adalah latihan crunch (perut atas) dan leg rise (perut bawah). “Sit up tak lagi dianjurkan karena sering menimbulkan cedera,” ucapnya.

Gerakan crunch sendiri hanya hanya bangkit setengah agar otot perut terlatih sempurna, berbeda dengan sit-up yang melakukan gerakan dari tidur sampai duduk. Selain itu, juga bisa menambahkan gerakan ke kanan dan ke kiri saat gerakan duduk setengah. “Itu adalah gerakan dasar melatih otot perut,” kata Michael. Gerakan crunch bisa dilakukan hingga 4-5 set, sebelum delanjutkan dengan gerakan superman position atau back up free sebanyak dua set pula untuk melatih otot pinggang.

Gerakan crunch hanya dengan bangkit setengah dari posisi berbaring, berbeda dengan gerakan sit up. Via womanblitz.com

Ditambahkan pula dari laman HaloDoc.com, masih ada beberapa gerakan olahraga lainnya yang juga bisa dicoba untuk membantu mengatasi perut buncit. Di antaranya, seperti bisa melakukan gerakan mengayuh sepeda. Gerakan ini dilakukan sambil berbaring, lalu angkatlah kedua kaki dan bergerak seperti sedang mengayuh sepeda. Gerakan sederhana lain yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut adalah back up yang kebalikan dari sit up, dengan posisi tengkurap, serta gerakan sikap lilin.

Kemudian, kamu juga bisa mencoba gerakan belly dance atau tarian perut yang sedang menjadi tren saat ini. Olahraga yang menggunakan tarian sebagai gerakan dasar memang asyik untuk dilakukan, apalagi jika bisa membakar kalori di perut dan membentuk masa otot. Silahkan dicoba Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Aktivitas Sederhana yang Bisa Jadi Olahraga untuk Si Sibuk

Olahraga Rutin Ternyata Bagus untuk Kesehatan Otak Lho!