in ,

Wah! Ada Smart Toilet di Skybridge Tanah Abang Jakarta, Seperti Apa?

Sejumlah smart toilet dipasang di aera Skybridge Tanah Abang, Jakarta. Via tribunnews.com

CakapCakap – Teknologi terus berkembang semakin pesat belakangan ini. Sekarang semakin banyak perangkat yang berbasis teknologi sehingga sangat memudahkan aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Cakap People sendiri tentu juga sudah merasakan berbagai kemudahan yang diberikan oleh beragam teknologi canggih tersebut. Kini, telah hadir pula smart toilet yang akan memudahkan para pengguna jalan di Skybridge Tanah Abang, Jakarta. Lalu, seperti apa bentuknya dan fiturnya?

Sejumlah smart toilet dipasang di aera Skybridge Tanah Abang, Jakarta. Via tribunnews.com

Menurut Direktur Utama PD Sarana Jaya, Yoori C Pinontoan, smart toilet ini nantinya hanya akan bisa diakses menggunakan kartu untuk bisa memasukinya. “Masuknya harus tapping, terus listrik dan lainnya pakai sensor gerak semuanya. Lalu airnya ada disana, tidak hanya toilet, namun tempat untuk cuci tangan juga ada di sana,” ungkap Yoori yang juga mengatakan bahwa nantinya akan ada petugas yang berjaga untuk membantu kartu tapping-nya di sana, seperti dilansir Tribunnews.com.

Saat ini sudah ada empat smart toilet yang telah dipasang di Skybridge Tanah Abang sejak beberapa hari ini. Namun, smart toilet itu memang belum bisa langsung digunakan, karena diperlukan untuk penginstalan terlebih dahulu, dan diperkirakan baru akan siap dalam beberapa hari ke depan. Empat unit smart toilet itu pun dinilai Yoori sudah cukup untuk memfasilitasi area Skybridge Tanah Abang. Skybridge atau jembatan penyeberangan multiguna ini ditargetkan selesai pada 23 November 2018.

Bagian dalam smart toilet di Skybridge Tanah Abang Jakarta yang menggunakan sensor gerak. Via detik.com

Ditambahkan dari laman Merdeka.com, pengadaan smart toilet ini sendiri merupakan permintaan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Para pengguna skybridge yang bukan penumpang KRL memang tidak akan bisa menggunakan fasilitas yang ada di dalam stasiun. Smart toilet yang digunakan pada skybridge ini diakui adalah yang sudah biasa digunakan di sejumlah Halte Transjakarta sebelumnya. “Ada smart toilet yang dipakai Transjakarta yang produksi PT Inka, itu bisa kita pakai,” tambahnya.

Namun, menurut Yoori pengadaan smart toilet ini akhirnya menyebabkan pembengkakan anggaran untuk pembangunan skybridge tersebut. Meski begitu, dia memang belum mengetahui seberapa besar pembengkakan dari anggaran semula sebesar Rp 35,8 milliar, namun tidak akan signifikan. Cakap People pasti sudha tidak sabar ingin mencoba smart toilet ini!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Cari Dana Pinjaman Online? Pastikan 3 Poin Penting Ini saat Pilih Fintech Terbaik

Wajib Coba Ladies! Ini Dia 5 Manfaat Rahasia Cotton Bud Bagi Kecantikan