in

Wah! 2019, Indonesia Segera Produksi Pesawat N219

CakapCakap – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, terdiri atas ribuan pulau di seluruh Nusantara. Cakap People pun pasti berasal dari beragam pulau yang ada di Tanah Air, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan masih banyak pulau-pulau lainnya. Untuk bisa menghubungkan setiap pulau tersebut, tentu saja dibutuhkan transportasi. Selain kapal di laut, pesawat jadi pilihan moda transportasi yang bisa menawarkan jarak tempuh lebih cepat lewat udara.

Nah, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terus berusaha menciptakan pesawat buatan lokal, selain selama ini sejumlah perusahaan penerbangan di Indonesia selalu mengimpor maskapai dari luar negeri. Kabar terbaru, Indonesia saat ini tengah bersiap untuk memproduksi jenis pesawat terbaru buatan anak bangsa pada tahun 2019 nanti.

“Tahun depan sudah bisa diselesaikan sertifikasinya, setelah itu akan masuk pada proses produksi, artinya kita sudah mulai memroduksi sesuai pesanan yang ada,” ungkap Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin di laman Republika.co.id.

Pesawat itu adalah pesawat N219, yang akan menggunakan 60 persen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Pesawat ini sendiri agar bisa melayani rute ke daerah-daerah kecil dengan landasan yang pendek. Selain itu, ke depannya juga akan dikembangkan pesawat N219 versi amphibi untuk menjangkau pulau-pulau kecil yang tidak memiliki landasan. Pasalnya, Indonesia memang terdiri atas pulau-pulau kecil, yang belakangan ini banyak menjadi destinasi wisata bagi para turis-turis asing.

Pesawat nasional pertama yang dibuat oleh anak bangsa, BJ Habibie pada 1995, namun gagal diproduksi massal karena krisis moneter via http://1.bp.blogspot.com/-9vRr0WMkq4E/UObl4VNaEmI/AAAAAAAAAMI/zzEgRJ84ROo/s1600/n250+gatotkaca+di+darat.jpg

Sebelumnya, pada 10 Agustus 1995 silam, Indonesia pertama kali menerbangkan pesawat nasional buat dalam negeri, N-250 Gatotkaca buatan PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang saat itu dipimpin oleh BJ Habibie, menurut laman Liputan6.com. Sayang, proyek uji coba pesawat yang sudah berhasil itu malah gagal diproduksi secara massal, karena Indonesia mengalami krisis moneter pada tahun 1998. Pada 13 April 2015 lalu, Habibie melalui perusahaannya, PT Ragio Aviasi Industri kembali menghadirkna produk pesawat buatannya, R-80 yang diharapkan menjadi pesawat nasional.

Namun, hingga saat ini, proyek itu memang kembali gagal berlanjut dan dikembangkan lebih serius. Harapannya, proyek pesawat N219 benar-benar bisa menjadi pesawat nasional ya, Cakap People[ED/YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mengejutkan! 95% Wanita di Negara ini Enggan Berkencan dengan Pria Pengendara Motor

Wow! Voice Access Mungkinkan Kontrol Android Tanpa Tangan