in

Unik, Ternyata 5 Negara Ini Tidak Memiliki Bandara! Mana Saja?

CakapCakap – Bandara memiliki peran yang sangat penting dalam suatu pembangunan negara. Dengan perannya tersebut tidak heran jika suatu negara biasanya memiliki bandaranya sendiri. Namun taukah Cakap People jika ternyata ada beberapa negara yang tidak memiliki bandara? Berikut ulasannya.

1. Monako

Monaco. Gambar oleh Alexas_Fotos dari Pixabay

Pemilik bendera dengan warna sama dengan negara kita ini tidak memiliki bandara. Masyarakat Monako harus rela menuju Perancis terlebih dulu untuk naik pesawat terbang. Monako yang dikenal sebagai negara terkecil kedua di dunia ini memiliki wilayah negara hanya seluas 2,02 kilometer persegi dengan penduduknya mencapai 36.371 jiwa.

2. Liechtenstein

Liechtenstein. Gambar oleh István Asztalos dari Pixabay

Negara yang tidak memiliki laut ini terletak diantara Austria dan Switzerland. Penduduk dari negara ini adalah sekitar 35.000 jiwa dan mendiami tanah seluas 160 kilometer. St. Gallen Airport merupakan bandara yang paling dekat dengan pusat kota Liechtenstein dengan jarak 50 kilometer.

3. Andorra

Andorra. Gambar oleh Tomasz Hanarz dari Pixabay

Negara yang tidak memiliki lapangan udara selanjutnya adalah Andorra. Negara ini terletak diantara Spanyol dan Portugal atau tepatnya di pegunungan Pyrenees. Negara ini hanya memiliki luas 43 kilometer persegi dengan populasinya hanya 85.000 orang. Jika ingin menggunakan pesawat terbang, warganya harus menuju bandara Barcelona-El Prat di Spanyol atau menuju ke Toulouse terlebih dahulu.

4. San Marino

San Marino. Gambar oleh Viktor Levit dari Pixabay

Negara dengan luas kecil ini di kelilingi Italia pada seluruh perbatasannya. Luas negara ini hanya 61 kilometer persegi dengan populasinya hanya 30 ribu orang. Bandara yang paling dekat dengan San Marino adalah Federico Fellini International Airport yang terletak di kota Rimini.

5. Vatikan

Vatikan. Gambar oleh Bohemidan dari Pixabay

Negara terkecil di dunia ini memiliki luas geografis sekitar 44 hektar saja. Populasi penduduknya juga berjumlah kecil yaitu 840 orang. Negara yang dekat dengan Roma, Italia ini tidak memiliki bandara ataupun jalan raya. Meski demikian, negara ini memiliki satu helipad. Landasan ini seringkali digunakan Paus dan beberapa kepala negara ataupun tamu kehormatan yang datang berkunjung.

Berbeda dengan Indonesia yang begitu luas membuatnya memiliki beberapa bandara yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan ya, Cakap People. Wah, tentu kita sangat bersyukur!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Coba Bakar Kalori dengan Ragam Olahraga Low Impact Berikut yuk!

Glass Hair, Tren Rambut Kekinian Hollywood yang Wajib Kamu Coba