in ,

Unik! Tahukah Kalian tentang Sungai Keramik di Maluku?

Cakapcakap – Kreatif, inilah yang mungkin akan secara spontan dilontarkan bagi masyarakat di Desa Sawai, Maluku. Mengapa? Pernahkah terbayang di benak Cakap people akan mengubah sungai kecil di desa kalian menjadi serupa dengan kolam renang berkelas? Nah, inilah yang dilakukan oleh masyarakat disana. Fenomena tempat unik ini bahkan sudah menyebar sampai ke seluruh dunia. Bangga kan punya tempat unik seperti ini?

Sungai Sawai di Maluku
http://sinarharapan.net/wp-content/uploads/2017/03/Kolam-air-asinahu-Sawai-di-Pulau-Seram.jpg

Sungai Sawai, sungai yang berada di Maluku ini berbeda dengan sungai pada umumnya. Selain memiliki air yang begitu jernih, sungai yang terletak di Maluku tengah ini ternyata mengalir hingga ke teras-teras rumah warga. Menyenangkan! Mengapa sampai depan rumah warga? Ternyata rumah di Desa Sawai ini terletak di pinggir laut. Rumah di Desa Sawai dbangun sedemikian rupa sehingga walaupun dibangun dipinggir lautan, air laut tidak bisa menggenang sampai ke dalam rumah. Aliran yang berada di kanan kiri rumah dan sekarang dikenal dengan Sungai Sawai ini begitu sangat bersih. Warga menjaga kebersihannya karena memang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari para warganya.

Karena sangat dekat dengan kehidupan warga disana, dinding Sungai Sawai dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menjaga kebersihan air yang mengalir. Warganya memasang keramik di sepanjang dinding sungai. Wah, keren! Fenomena ini sangat jarang ditemui, atau baru satu tempat ini saja yang dengan niatnya membangun dinding sungai dengan keramik.

Sungai Sawai untuk Aktivitas Keseharian Warga
https://www.google.co.id/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiKyPzt9breAhWJ6Y8KHfvcBw8QjRx6BAgBEAU&url=http%3A%2F%2Fbatampop.com%2Fkeunikan-sungai-keramik-dari-desa-sawai-maluku%2F&psig=AOvVaw3P-byeBOOSXQFI-IZTPret&ust=1541427070496595

Oleh sebab itu di foto yang beredar, kita bisa dengan sangat jelas melihat kebersihan dan kejernihan air Sungai Sawai. Selain itu, karena dilengkapi dengan dinding keramik, Sungai Sawai terlihat seperti kolam renang yang mewah, kolam renang pribadi tepatnya. Bagi masyarakat setempat, aliran air yang sangat jernih ini dimanfaatkan untuk kebuthan sehari-hari, termasuk untuk mencuci pakaian.

Cakap people berencana untuk berlibur ke Maluku? Mungkin kalian perlu mengunjungi area ini. Karena jika dilihat dari gambarnya saja, tempat ini pasti sangat layak untuk dikunjungi. Jangan lupa bagikan keunikan tempat ini ya kalau kalian sudah sempat berkunjung!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Menikmati Wahana “Dufan” di Mattampa Pangkep

Duh! Angka Bunuh Diri Anak Muda di Jepang Terus Meningkat