in

Jauh Kesan Seram, Penampakan dan Fasilitas 6 Penjara Ini Bak Hotel

Cakapcakap – Ketika seseorang melakukan tindakan yang melanggar hukum, maka ia harus menebus kesalahannya. Beberapa tindakan melawan hukum tersebut akan membuat para pelakunya berakhir di bui. Entah melakukan korupsi, pembunuhan atau pencurian. Semua pelaku kejahatan memang harus dihukum setimpal dengan perbuatannya bukan, Cakap People?

Kalau bayangan kita, mungkin penjara seperti tempat yang menyeramkan, dingin atau serba sederhana? Sebaiknya kamu tepiskan pemikiran semacam itu. Sebab beberapa penjara berikut ini justru tampak seperti sebuah hotel. Penasaran kan jadinya? Salah satunya pernah ada di Indonesia lho!

1. HMP Addiewell, Skotlandia

HMP Addiewell, Skotlandia via wowkeren.com

Penjara berikut dikenal juga sebagai penjara pembelajaran. Sebab tahanan ini mewajibkan para narapidana yang ada di dalamnya untuk mendirikan ketrampilan yang produktif. Mereka memberikan waktu setidaknya 40 jam untuk 1 minggunya. Penjara Her Majesty’s Prison Addiewell ini memiliki kamar tahanan yang cukup bersih, rapi disertai fasilitas yang menyenangkan. Bahkan fokus dari penjara ini adalah guna membantu para tahanan untuk kembali pada kehidupannya sebagai warga biasa tatkala sudah bebas.

2. Bastoy, Norwegia

Bastoy, Norwegia via erabaru.net

Penjara berikut letaknya ada di Pulau Bastoy, Oslofjord. Disana setidaknya terdapat 100 orang narapidana. Namun penjara yang satu ini tak seperti apa yang kamu bayangan. Sebab di kompleks penjara berikut, para napi bisa merasakan kemewahan. Mulai dari adanya lapangan tenis, melakukan kegiatan seperti berjemur, memancing hingga berkuda.

Para tahanan juga dapat mengelola ladang subur mereka dan bersantai ria di pondok. Bahkan tingkat keamanan yang ada disana sangat minim, sehingga tahanan sering lupa jika mereka sedang ada dalam penjara. Jika model penjara seperti ini, mungkin tak ada tahanan yang kabur ya?

3. Otago Corrections, Selandia Baru

Otago Corrections, Selandia Baru via erabaru.net

Berikut ini mempunyai sistem keamanan yang cukup ketat lho! Namun memiliki ketersediaan kamar yang nyaman. Ada pula fasilitas yang dapat digunakan untuk mengasah ketrampilan. Guna dapat merehabilitasi dengan efektif, maka di dalamnya juga terdapat aneka pengasah skill seperti memasak hingga beternak sapi perah.

4. Justice Center Leoben, Austria

Justice Center Leoben, Austria via wowkeren.com

Di sini para tahanan akan diberikan sel tunggal. Terdapat pula dapur, televisi dan kamar mandi yang sifatnya perorangan. Aneka fasilitas yang memanjakan, seperti gym, tempat rekreasi luar ruang dan lapangan basket juga tersedia lho!

5. Rutan Pondok Bambu, Indonesia

Rutan Pondok Bambu, Indonesia via dari tilik.id

Ternyata keberadaan sel mewah ini juga pernah ada di Indonesia lho! Yakni Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta. Lantas, siapa yang menempati sel mewah tersebut? Ia adalah Artalyta Suryani atau Ayin serta Limarita atau Aling yang divonis penjara seumur hidup lantaran kasus narkoba yang menjerat.

Limarita atau Aling memiliki kamar khusus dengan ukuran 3 x 3 meter lengkap dengan televisi yang berukuran 20 inchi. Bahkan dinding tahanannya didekor dengan motif bunga dan daun. Adapula meja kerja yang cukup mewah di ruangannya itu.

Adanya penjara mewah tersebut diketahui ketika para anggota dari Satuan Pemberantasan Mafia Hukum melakukan sidak ke tahanan yang bersangkutan. Disana Ayin tinggal dengan asisten pribadinya. Ia divonis 2 tahun 6 bulan. Bahkan di dalam ruang penjaranya juga ada perlengkapan bayi lho!

6. Penjara Aranjuez, Spanyol

Penjara Aranjuez, Spanyol via beritabaca.co.id

Hal menarik yang dimiliki oleh penjara ini ialah, tahanan masih dapat menjadi orang tua bagi anak-anak mereka. Sehingga para anak yang memiliki orang tua ditahan ikut bersama orang tuanya dalam tahanan tersebut selama tahun-tahun pertama. Aneka fasilitas yang ada disini seperti tempat tidur yang didesain dengan karakter Disney. Penjara ini memberikan kesempatan para tahanan untuk menjadi orang tua walaupun mereka sedang di penjara.

Meskipun penjara-penjara tersebut punya fasilitas yang lengkap dan nyaman, namun kehidupan di sana tak akan sebebas seperti kehidupan di dunia luar. Sehinggga sebisa mungkin hindari untuk melakukan tindakan yang melawan hukum. Ketahuilah, apa yang kamu tanam akan kamu tuai nantinya. Jika kamu bertindak kejahatan, maka sudah pasti keburukan yang diterima. Begitu pula sebaliknya, Cakap People.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tips Anti Ribet Menyimpan Barang di Apartemen Mungil

Ternyata Ini Alasan Putus Cinta yang Paling Menyakitkan