in

Ubah Lukamu Menjadi Kebijaksanaan

Oprah Winfrey, 64 Tahun, Pengusaha Kelas Dunia. [Foto : Awaken The Greatness Within]

“Turn your wounds into wisdom (Ubah lukamu menjadi kebijaksanaan)” – Oprah Winfrey

Oprah Winfrey lahir pada tanggal 29 Januari 1954 di Kosciusko, Mississippi, Amerika. Kedua orang tuanya tidak pernah menikah dan berpisah yang membuat Oprah mengalamai masa kecil yang sulit.

Ia hidup dalam kemisikinan yang sangat parah yang terkadang membuatnya harus menggunakan karung bekas kentang sebagai pakaian dan menjadikannya bahan ejekan di sekolah. Tidak hanya itu Oprah muda pun telah mengalami pelecehan seksual di usia yang sangat muda.

“Apa yang saya pelajari sedari muda adalah sayalah orang yang bertanggung jawab penuh dengan kehidupan saya sendiri,” ujarnya dikutip dari O Magazine edisi Januari 2007.

Sejak usia 14 tahun ia tinggal bersama dengan ayahnya. Oprah mengatakan ayahanya adalah orang yang sangat ketat dengan peraturan namun kala itu ia sedang dalam gejolak masa remajanya. Setelah bekerja sambil berkuliah, ia mulai tertarik dengan dunia jurnalis juga media dan mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagaipembawa berita di stasiun TV lokal.

Pembawaannya yang penuh emosional tidak berjalan baik untuk program berita yang membuatnya dipindahtugaskan untuk membawa program obrolan di siang hari yaitu The Daily Chat Show. Program acara inilah yang menjadi acara program talkshow dirinya sendiri, The Oprah Winfrey Show.

The Oprah winfrey Show terbukti menjadi salah satu program yang sangat sukses dan ditonton di TV sepanjang sejarah. Program acara ini juga mampu menembus segala tembok sosial dan kebudayaan seperti isu-isu gay dan lesbian.

“Dan semakin saya sadar secara spiritual, saya belajar bahwa kita bertanggungjawab kepada diri kita sendiri, bahwa kita membuat kenyataan kita dengan cara berpikir yang kemudian dijadikan sebuah tindakan,” ujarnya masih dilansir dari O Magazine Januari 2007.

Oprah menjadi seorang panutan sebagai tokoh wanita yang tangguh dan khususnya bagi wanita berkulit hitam di Amerika. Ia dianugerahi kemampuan untuk mengangkat isu secara intim dalam pengungkapannya dalam lingkup komunikasi media, hal ini yang kemudian ditiru secara global oleh stasiun TV seluruh dunia dengan program yang berbeda.

Di masa sekarang ini, The Oprah Winfrey Show berfokus pada isu pengembangan diri, spiritual dan kiat menolong diri sendiri. Diet juga sempat menjadi isu besar setelah ia berhasil menurunkan berat badannya dan menjadi proporsional, buku tentang panduan dietnya pun laris jutaan kopi di pasaran.

“Kita tidak boleh menyalahkan siapapun, orang tua, terutama keadaan, karena diri kita sejatinya bukanlah sebuah keadaan yang tengah kita hadapi,” ungkapnya. Oprah kerap dipromosikan oleh banyak buku yang bersifat spiritual yang berfokus untuk mengambil kembali tanggung jawab dalam hidup ke tangan genggaman kita sendiri.

“You are your possibilities. If you know that, you can do anything (Kamu adalah kemungkinan/kemampuanmu itu sendiri. Jika kamu mengetahuinya, kamu bisa melakukan papun)” – Oprah Winfrey

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Crocs Umumkan Stop Produksi dan Menutup Semua Pabrik

Ambil Cuti? Sambangi Taman Nasional di Indonesia Ini Yuk!