in

Trik Mudah Simpan Gula Jawa Supaya Awet dan Tidak Tengik!

CakapCakap – Bukan rahasia lagi jika tersedia beberapa varian gula yang sering Cakap People manfaatkan. Mulai dari gula putih, hingga gula jawa yang biasa dikenal pula dengan sebutan gila merah. Agaknya jenis-jenis gula tersebut memiliki peranan masing-masing dalam menghasilkan kuliner. Yang lezat.

Namun berbeda dengan gula putih, gula jawa memerlukan cara penyimpanan yang lebih ekstra. Sebab jenis gula ini bisa lebih mudah rusak. Maka dari itu, ikuti trik menyimpan gula jawa di bawah ini ya! Supaya gula merah awet dan tidak muncul bau tengik.

1. Berikan cengkeh

Masukkan cengkeh dalam wadah gula jawa via Intisari.grid.id

Supaya gula jawa aman, maka kamu dapat menyimpannya bersama dengan beberapa butir cengkeh. Mengapa harus cengkeh? Sebab aroma tanaman herbal yang satu ini terbilang tajam dan kuat. Sehingga semut cenderung membencinya. Selain itu, kendati disimpan bersama cengkeh namun cita rasa dari gula jawa tak akan rusak.

2. Simpan dalam wadah kedap udara

Simpan dalam toples via Orami.co.id

Di mana biasanya kamu menyimpan gula merah? Sebaiknya mulai saat ini simpan jenis gula berikut dalam wadah yang kedap udara. Kamu bisa pula menyimpannya dalam toples yang rapat dan tidak ada ventilasi sama sekali. Mayoritas orang sering salah dalam menyimpan gula jawa, di mana mereka membiarkan tutup toples tidak rapat. Sehingga masih ada udara yang dapat masuk ke dalam. Hal tersebut menjadikan aroma dari gula jawa menguap. Alhasil kualitas gula jawa itu sendiri bisa berkurang serta membuat semut datang.

3. Perhatikan suhu ruangan

Trik simpan gula merah via Doktersehat.com

Suhu ruangan juga bisa berdampak pada gula merah yang kamu simpan loh! Sebab terkadang suhu menjadi naik, yang mana bisa memicu gula merah jadi meleleh. Oleh karena itu, akan lebih baik apabila kamu menyimpannya dengan memasukkannya ke dalam freezer. Namun sebelum dimasukkan ke freezer terlebih dahulu simpan gula merah di wadah tertutup rapat. Baru kemudian masukkan ke freezer. Apabila tak ingin menyimpan dalam lemari es, maka juga dapat disimpan dalam suhu ruang yang dingin serta teduh supaya kualitas gula tak rusak.

Guna mencegah supaya kualitas gula tidak rusak, maka sebaiknya beli gula merah sesuai kebutuhan. Terlebih jika kamu tak segera menggunakan gula tersebut. Dibanding kualitasnya bisa rusak karena terlalu lama disimpan, maka sebaiknya Cakap People jangan banyak-banyak ketika membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hentikan Kebiasaan Ngemil Saat Larut Malam dengan Cara Berikut!

Teori Baru Asal Muasal Air di Bumi, Dari Manakah?