in

Tips Menyimpan Bawang Supaya Tak Mudah Busuk, Mudah dan Sederhana!

CakapCakap – Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat berpengaruh terhadap cita rasa masakan. Oleh karena itu, Cakap People wajib sediakan bawang di rumah. Umumnya orang akan menyimpan bawang untuk digunakan memasak selama beberapa hari. Sehingga jumlah bawang yang dibeli cukup banyak.

Bahkan, banyak orang yang memilih untuk menyetok bawang dibanding harus kehabisan. Mulai dari jenis bawang merah hingga putih. Namun, jika kamu termasuk orang yang gemar menyetok bawang dalam jumlah banyak maka harus memerhatikan cara penyimpanannya. Sebab, salah-salah bisa mengakibatkan bawang jadi busuk. Nah, berikut cara simpan bawang yang benar dan tepat agar tahan lama!

1. Menyimpan bawang saat sudah dikupas

Simpan bawang dalam kondisi dikupas via Dictio.id

Mengupas bawang memang memerlukan waktu yang tak sedikit. Nah, untuk menghemat waktu tersebut maka kamu dapat menyimpan bawang yang sudah dikupas. Masukkan bawang ke wadah yang ada di dalam lemari es. Dengan demikian, maka bawang bisa tahan sampai 2 hingga 3 minggu. Namun, untuk jenis bawang bombay maka disarankan untuk menyimpan dalam wadah kedap udara di luar lemari es. Hal tersebut dikarenakan bawang bombay tak cepat lembek serta menyusut.

2. Iris atau tumbuk halus bawang, lalu simpan

Cara simpan bawang yang tepat via Lifestyle.okezone.com

Ternyata bawang yang disimpan dalam bentuk irisan atau ditumbuk halus bisa jauh lebih awet ketika disimpan. Alhasil, kamu akan lebih praktis ketika menggunakan bumbu tersebut guna dimasak. Tetapi, jangan menyimpan bawang berbentuk iris maupun tumbuk ini dalam wadah yang kedap udara di lemari es. Sebaiknya simpan di dalam freezer.

3. Pisahkan dengan sayuran lain

Jangan menyimpan bawang dengan sayuran lain via Vacuumsealer.id

Perlu kamu ketahui jika sayuran punya gas masing-masing ketika disimpan. Begitu pula dengan si bumbu dapur, bawang. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menyimpan bawang bersama-sama dengan jenis sayuran lain. Hal ini untuk mencegah adanya penguapan gas yang bisa mengakibatkan bawang mudah busuk.

4.  Simpan di tempat terbuka

Bawang tumbuh tunas via Lifestyle.okezone.com

Penyebab utama bawang jadi mudah busuk ialah kelembaban. Sehingga ada baiknya jika pasca membeli bawang, segera keluarkan dari kantong plastik kemudian pindahkan ke wadah terbuka dan datar. Dengan demikian tingkat kelembaban bawang akan berkurang. Kamu juga dapat menyimpan bawang ke dalam wadah yang punya sirkulasi udara baik serta tak lembab. Hindari menyimpan bawang di dalam lemari es sebab dapat membuatnya mudah busuk dan tumbuh tunas.

Tak sulit bukan Cakap People? Dengan cara tersebut maka agenda memasak bisa jadi lebih praktis. Kamu pun tak perlu mengupas atau mengiris bawang jika yang disimpan ialah bawang yang telah diracik. Semoga membantu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ternyata Ada Ojek Online Baru Pesaing Go-Jek dan Grab Lho!

Ternyata Ini loh 3 Sifat Sederhana Wanita yang Bisa Bikin Pria Makin Cinta!