in

Tips Agar Cabai Tak Meletus Saat Digoreng!

CakapCakap – Cabai merupakan salah satu bahan makanan yang tak pernah bisa luput dari pandangan. Sebab, bahan masakan berikut dapat diolah menjadi aneka menu bercita rasa pedas. Mulai dari sambal hingga dimasukkan ke dalam menu makanan yang berkuah serta kering. Namun umumnya mengolah cabai memiliki kendala tersendiri. Benarkan Cakap People?

Terlebih saat cabai digoreng. Maka sudah pasti ia akan meletus dan minyaknya sampai ke mana-mana. Termasuk ke area tangan hingga menjangkau wajah. Lantas, bagaimana caranya agar cabai tak meletus saat digoreng? Coba lakukan tips berikut ini yuk!

1. Pergunakan minyak dalam porsi sedikit

Tuangkan sedikit minyak via Hellosehat.com

Guna menggoreng cabai kamu tak memerlukan banyak minyak. Kira-kira minyak yang  digunakan hanyalah 5 sendok makan saja. Sementara guna menumis cabai 2 sendok makan saja sudah cukup. Pemakaian minyak yang sedikit ini bisa mencegah letusan pada wajan akibat menggoreng cabai.

2. Cabai harus dalam kondisi kering

Keringkan cabai sebelum digoreng via Parenting.co.id

Ada beberapa hal yang mesti kamu pastikan terlebih dahulu sebelum memasak cabai. Salah satunya dengan mencuci cabai supaya bersih. Tetapi pasca mencuci jangan langsung digoreng. Sebab air yang menempel di cabai akan menimbulkan letusan saat bersentuhan dengan bahan minyak panas. Maka dari itu, keringkan terlebih dahulu cabai sebelum digoreng. Kamu dapat mengelap cabai pakai tisu dapur atau lap kering.

3. Pakai nyala api kecil

Goreng cabai dengan api kecil via Femina.co.id

Akan lebih baik nyala api yang kamu pergunakan untuk menumis cabai ialah yang kecil saja. Sebab, api yang kecil dapat membantu menjaga suhu minyak goreng agar tak terlampau panas. Alhasil cabai dapat tak meletus. Selain itu, nyala api yang kecil juga dapat membuat cabai matang secara merata.

4. Iris cabai

Potong cabai secara vertikal via Lifestyle.okezone.com

Ketika cabai digoreng dalam kondisi utuh, maka di dalamnya terdapat kandungan udara. Udara tersebut akan mengalami proses penguapan di kala terkena oleh minyak panas. Alhasil akan memicu letusan. Guna mencegah letusan tersebut maka kamu bisa mengiris cabai terlebih dulu. Iris menjadi 2 atau 3 potongan. Apabila kamu hendak mengolah cabai jadi sambal, maka belah secara vertikal saja tanpa diputus. Hal ini sekaligus guna mencegah supaya minyak tak berlebihan menempel pada cabai.

Memasak bukanlah suatu hal yang sulit jika Cakap People tahu trik dan tips cerdasnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk senantiasa menyimak tips-tips menarik yang kami sajikan ya! Semoga tips di atas bermanfaat untuk kamu!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kursus Bahasa Indonesia Sangat Diminati di Davao, Filipina

4 Trik Bersepeda Jarak Jauh Bagi Pemula!