in ,

Tipe Orang Susah Bangun Pagi? Ternyata Kebiasaan Ini Bawaan Lahir lho!

CakapCakap – Tidak bisa dipungkiri jika bangun pagi  menjadi hal yang sulit dilakukan oleh sebagian orang atau bahkan mungkin hal ini juga Cakap People alami sendiri. Dan ternyata susah bangun pagi memiliki kaitan dengan gen yang terdapat di dalam tubuh kita. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian.

Para peneliti dari University of Exeter telah melakukan analisa dengan melibatkan sekitar 700 orang di dalamnya. Para peneliti tersebut melakukan penelitian atas dasar ingin mengetahui apakah seseorang bisa menjadi lebih aktif pada malam ataupun siang hari.

Susah bangun pagi bisa jadi karena faktor gen via Grid.id

Menurut Michael Weedon, pemimpin dari penelitian yang dilakukan sekaligus dosen Fakultas Kedokteran di University Exeter, studi ini penting dilakukan untuk menunjukkan jika faktor genetik dapat memberi pengaruh mengenai periode keaktifan seseorang.

Hasil penelitian menunjukkan jika ternyata ada jauh lebih banyak faktor genetik yang mempengaruhi kondisi tidur dan bangun seorang individu. Sebelumnya, para peneliti memahami jika terdapat 24 gen yang berkaitan dengan waktu tidur seseorang. Namun pada studi ini, menunjukkan jika terdapat 327 gen lainnya yang memiliki peran yang penting.

Hasil analisis dari penelitian tersebut adalah mereka yang memiliki gen “pagi” ataupun gen “malam” ternyata memiliki kaitan dengan beberapa jenis penyakit.

Mereka yang memiliki gen “malam” memiliki kondisi tubuh yang lebih rentan terhadap gangguan kesehatan mental seperti halnya skizofrenia. Sementara mereka yang memiliki gen “bangun lebih pagi” memiliki resiko terkena depresi yang lebih rendah serta kesejahteraan mental yang lebih baik.

Ilustrasi bangun pagi via Detik.com

Menurut para peneliti, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hal tersebut. Masih belum jelas apakah kesehatan bisa lebih baik  bagi mereka yang memiliki “gen pagi”. Para peneliti juga berencana untuk melakukan pemeriksaan apakah mereka yang memiliki “gen malam” akan memiliki kondisi kesehatan yang buruk jika mereka mulai aktif di pagi hari dibandingkan dengan mereka yang memiliki gen serta aktivitas yang sesuai.

Peneliti juga akan meriset lebih lanjut pada sejumlah orang yang memiliki gen tidur tidak cocok dengan gaya hidup yang mereka jalani. Nah, apa Cakap People termasuk yang tak bisa bangun pagi selama ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wow! Orang Indonesia Ini Layangkan Surat Somasi Rp 1 T pada Facebook

Kaum Millennial Wajib Tahu, Latihan Kekuatan Otot Bisa Bikin Pintar Lho!