in ,

Tidak Melulu tentang Kamera ini Fungsi Lain Drone

CakapCakap – Berbagai teknologi terus dikembangkan dan diuji coba untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan manusia. Untuk wilayah yang sulit dicapai dengan sarana umum, seperti di area gempa bumi, maka teknologi akan memiliki peran penting agar warga di daerah itu tetap bisa mendapatkan fasilitas. Mungkin Cakap People bisa membayangkan, bagaimana sulit untuk memasuki wilayah yang menjadi korban gempa gumi, seperti kawasan Lombok yang beberapa waktu lalu mengalami gempa.

Nah, belum lama ini Jepang baru melakukan uji coba teknologi terbaru yang mereka kembangkan untuk mencapai wilayah gempa bumi. Seperti dikutip dari iNews.id, Minggu (23/9/2018), sebuah kelompok di kota Asahikawa menguji coba drone untuk mengirimkan koran ke sejumlah wilayah di Hokkaido, yang pada awal September 2018 sempat diguncang gempa bumi berkekuatan 6,7 Skala Richter. Drone tersebut sendiri diuji coba untuk bisa mengantarkan koran ke rumah-rumah warga.

Keberadaan drone pengirim koran dinilai sangat penting untuk tetap bisa memberikan informasi atau panduan kepada warga saat listrik dan sarana komunikasi tidak bekerja akibat bencana gempa. Apalagi, sebagian wilayah Hokkaido berupa pegunungan dan perkebunan. “Saya senang kami bisa mengirim koran, karena koran adalah infrastruktur informasi yang diperlukan saat bencana terjadi,” ucap pihak koran Hokkaido Shimbun, Takuma Banno dalam uji coba di radius sejauh 200 meter itu.

Teknologi drone juga digunakan untuk melakukan pemeriksaan kerusakan yang terjadi di wilayah gempa bumi via Istimewa.

Dikutip pula dari laman Okezone.com, Badan Migrasi Internasional mencatat penggunaan drone dalam kasus bencana sudah dimulai sejak tahun 2012, di mana ketika itu dimanfaatkan untuk memeriksa kerusakan di Haiti pasca gempa tahun 2010. Drone kemudian digunakan lagi di Filipina ketika terjadi bencana angin topan Haiyan pada tahun 2013 lalu, untuk menghitung dampaknya. Drone pun digunakan pula sebagai alat monitoring untuk upaya melakukan pembangunan kembali.

Sejumlah lembaga di Nepa juga memanfaatkan drone untuk misi pencarian dan penyelamatan, saat terjadi gempa di wilayah yang memang sering diguncang gempa bumi hingga berkekuatan di atas 7 Skala Richter tersebut. Pemerintah Indonesia juga perlu menggunakan drone ini ya, Cakap People! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

#CrazyRichSurabayans Cerita Sampingan $50 Juta di Balik Hidup Glamor

Wow! Olahraga, Teman dan Stres ini Hubungan Rahasia Ketiganya