in

Tersiksa Tulang Ikan Nyangkut di Tenggorokan? Ini 8 Cara Mengatasinya

CakapCakap – Cakap People, pernah gak sih kamu mengalami tulang nyangkut di tenggorokan saat enak-enaknya menikmati ikan? Pasti ini sangat tidak nyaman dirasakan. Tulang ikan yang menyangkut di tenggorokan memang sengat menjengkelkan bahkan sangat menyiksa. Lalu apa yang harus  dilakukan jika mengalami hal demikian?

Sebaiknya lakukan 8 cara berikut ini untuk menghilangkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan.

1. Minumlah air garam

Air garam via Emran.id

Jika batuk akibat tulang ikan belum juga hilang, kamu bisa mengatasinya dengan mengambil segelas air hangat untuk kemudian dicampur dengan sejumput garam. Jika duri yang tertelan berukuran kecil, ia akan turun masuk ke saluran pencernaan.

2. Batuk

Mencoba batuk via Go-dok.com

Batuk yang kencang bisa membantumu dalam mengeluarkan duri yang tersangkut di tengorokan. Jadi cobalah untuk batuk saat tulang ikan nyangkut di tenggorokan.

3. Hindari menggunakan tangan

Jangan gunakan jari saat tulang tersangkut di tenggorokan via Alodokter.com

Menggunakan tangan untuk mengeluarkan duri ikan bisa memicu datangnya infeksi dan cedera pada kerongkongan. Terlebih jika tanganmu telah digunakan untuk memegang benda yang kotor sebelumnya.

4. Telan sekepal nasi

Nasi putih via Iluminasi.com

Selain pisang, nasi juga bisa membantumu dalam mengatasi tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil nasi segenggam lalu bentuk menjadi bola-bola kecil. Selanjutnya siapkan pula air untuk membantu nasi dalam mendorong lepas duri ikan.

5. Makan pisang

Ilustrasi makan pisang via Tribunnews.com

Pisang dapat membantumu mengatasi duri ikan yang tertelan dengan langkah yang mudah. Caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa pisang yang telah dipotong-potong dengan ukuran sedang. Selanjutnya emut di dalam mulut dan jika sudah mulai lembab, kamu bisa menlannya perlahan. Kelengketan pisang membuat duri ikan terlepas dari kerongkongan dan ikut masuk tertelan.

6. Minum minyak zaitun

Minyak zaitun via Fourlook.com

Zaitun memang minyak yang serba guna. Minyak ini juga bermanfaat untuk mengatasi duri yang nyangkut di tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkan air hangat dengan minyak zaitun lalu diminum. Minyak zaitun akan memberikan pelumasan dan membuat ikan melunak serta lepas.

7. Telan marshmallow

Marshmallow via Boombastis.com

Isi mulut dengan beberapa marshmallow lalu kunyahlah marshmallow tersebut. Marshmallow memiliki tektur yang lembut dan kenyal, ketika terkena air liur makanan ini akan berubah menjadi lengket.

8. Kunjungi dokter

Periksa ke dokter via Globalccf.org

Jika langkah yang dilakukan tidak juga berhasil, maka mengunjungi dokter adalah solusi yang tepat. Dokter akan memberikan petunjuk dan langkah secara medis untuk membantumu dalam mengatasi duri ikan yang tertelan.

Nah, itu tadi sederet cara yang bisa dilakukan saat mengalami hal urgent tersebut. Bagi Cakap People yang mengalami masalah dengan tulang ikan tersangkut di tenggorokan, bisa lakukan langkah di atas sebagai langkah penanganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kamu Jangan Kecewa Ya! Gara-Gara Ini Ariana Grande Tidak Akan Hadir di Grammy Awards

Cetak Sejarah Baru, Paus Fransiskus Kunjungi Semenanjung Arab