in

Ternyata Ini lho Cara Pilih Mangga Manis dan Matang yang Benar, Banyak Orang Terkecoh!

CakapCakap – Mangga merupakan salah satu buah lokal yang menjadi andalan banyak orang. Sebab selain mudah ditemukan, buah berkulit hijau ini juga gampang diolah menjadi beberapa macam olahan. Misalnya saja seperti pudding, es krim hingga salad. Apa Cakap People salah satu pencinta buah mangga?

Namun, banyak orang yang tertipu dengan penampilan si buah kaya vitamin C ini. Umumnya, orang-orang terkecoh dari penampilan luarnya. Hingga akhirnya menilai jika mangga tersebut sudah matang dan memiliki cita rasa manis. Padahal, setelah dikonsumsi ternyata rasanya asam dan belum begitu matang. Tentu rasanya akan sangat kecewa jika hal tersebut sampai menimpa. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui tips memilih mangga berikut ini!

1. Bentuk mangga

Cek bentuk buahnya via Republika.co.id

Ternyata bentuk juga bisa mencerminkan rasa dari buah mangga lho! Bagi buah mangga yang telah masak dan tua, maka umumnya akan berbentuk bulat, berisi serta terlihat penuh. Namun, bagi mangga muda bentuknya akan seperti cemet atau gepeng. Tetapi, hal tersebut tergantung pada jenis buah mangganya. Sebab, buah mangga terdiri dari aneka jenis. Jadi, kamu harus lebih cermat dan selektif dalam memilihnya.

2. Aroma pada buah

Cium aroma buah mangga via Lifestyle.analisadaily.com

Hal ini rasanya bukan rahasia lagi. Sebab, biasanya buah mangga yang sudah matang akan memiliki aroma wangi yang khas. Kamu bisa mencium aroma mangga matang dari luarnya saja. Selain itu, mangga yang tak masak di pohon akan memiliki aroma yang tak begitu pekat seperti buah mangga matang di pohon.

3. Cek kulit

Perhatikan bagian kulitnya via Travel.kompas.com

Kulit mangga yang matang di pohon umumnya akan tampak lebih hijau pekat, ada juga yang kuning terang hingga kemerahan. Hal tersebut tergantung pada jenis mangganya. Selain itu, kulit mangga dengan cita rasa manis akan lebih tipis dibanding kulit dari mangga muda.

4. Tekstur daging buah

Perhatikan tekstur daging buahnya via Nova.grid.id

Hal berikut ini bisa kamu lihat jika sudah mengupas si mangga. Umumnya, mangga masak akan memiliki tekstur cukup berserat. Sedangkan, bijinya lebih keras serta terdapat serabut yang terbilang banyak. Sementara mangga muda memiliki sedikit serat dengan biji yang tak berserabut.

5. Periksa bagian batang buah

Lihat batang buah mangga via Agrosegar.com

Punya pohon mangga di rumah? Maka kamu bisa langsung memeriksa bagian batang pohon mangga secara langsung. Apabila batang memiliki getah yang sedikit pasca mangga dipetik, maka artinya buah mangga sudah tua. Tetapi, jika mangga masih muda maka batangnya akan terdapat banyak getah pasca dipotong.

Berbekal cara-cara di atas agaknya Cakap People tak akan keliru lagi dalam memilih buah mangga. Ketika memilih buah mangga yang salah, pasti rasanya kamu akan sangat kecewa. Awalnya kita berharap jika buah yang dipilih akan bercita rasa manis dan lezat, namun alih-alih bisa dikonsumsi mangga tersebut malah sangat asam dan masih kurang matang. Namun, hal tersebut tak akan menimpa kamu lagi jika langkah-langkah di atas telah dilakukan. Selamat mencoba!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yuk Donasi Korban Gempa Palu, List yang Mereka Butuhkan

Israel Tuding Klub Bola ini Karena Seorang Remaja Palestina