in ,

Ternyata Ini Dia Penyebab Cuaca Panas Akhir-akhir Ini

CakapCakap – Apa Cakap People salah satu orang yang merasa jika kian hari cuaca semakin bertambah panas? Hampir selama Oktober ini cuaca jadi makin memanas di wilayah-wilayah seperti Bandung, Yogyakarta, Jakarta hingga hampir kawasan se-Jawa. Jika berkaca pada beberapa waktu lalu, biasanya memasuki bulan Oktober seperti saat ini sudah masuk musim penghujan.

Namun, hingga detik ini curah hujan belum turun jua. Bahkan cuaca rasanya sudah sangat keterlaluan dalam menghadirkan panas. Jika keluar rumah pada jam 10.00 siang saja sudah amat terasa menyengat sang sinar matahari tersebut. Apalagi jika langsung terkena kulit, maka sensasinya hampir sama seperti terbakar. Apa kamu menyimpan tanya terhadap fenomena tersebut? Berikut jawabannya!

1. Penjelasan BMKG

Suhu udara yang semakin panas via Nakita.grid.id

Kini, rata-rata suhu di wilayah kota yang terdapat di Jawa telah memasuki angka 33 sampai 35 derajat Celcius. Suhu tersebut memang terhitung sangat panas, namun untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia masih merupakan hal wajar. Kepala Humas BMKG, Hary Djatmiko juga menjelaskan jika kini posisi matahari sedang berada pada belahan bumi selatan atau tepatnya di Indonesia. Sehingga sinar matahari yang kita terima ini terbilang langsung.

Alhasil, cuaca panas yang kita terima saat ini akibat dampak dari posisi matahari. Selain posisi matahari, terdapat pula faktor lain yang memicu cuaca panas. Salah satunya ialah tingkat kelembaban udara yang rendah. Di saat kelembaban udara mencapai titik rendah, maka akan ada pembentukan berupa awan hujan yang lebih kecil. Sehingga potensi untuk hujan turun juga kecil dan suhu jadi lebih panas.

2. Kemungkinan jadwal hujan akan mundur

Prediksi datangnya hujan via Yusufmansur.com

BMKG memprediksi jika musim hujan akan segera datang, tetapi jadwalnya akan mengalami kemunduran di wilayah Jawa. Kurang lebih hujan akan muncul sekitar 10 sampai 30 hari lamanya. Alhasil, jika biasanya hujan turun di akhir Oktober maka kali ini dapat datang pada November, bisa awal, akhir atau pertengahan.

Di kala cuaca panas seperti ini, maka kamu harus waspada. Sebab, bisa terjadi beberapa kemungkinan. Salah satunya yang berdampak pada kesehatan. Cuaca panas memungkinkan tubuh untuk jadi lebih mudah terkena dehidrasi, infeksi saluran kemih, kulit kering hingga rambut mudah lepek. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan pencegahan pada beberapa masalah tersebut.

Misalnya agar tidak dehidrasi maka Cakap People dapat mengonsumsi cukup cairan, sama halnya dengan cara mengatasi infeksi saluran kemih. Sedangkan untuk masalah kulit kering bisa diatasi dengan mengaplikasikan produk pelembab kulit dan guna mencegah rambut lepek maka dapat keramas sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Dari 5 Tipe Orang Saat Terjebak Macet Ini, Kamu yang Mana?

Kabar Gembira! Laporkan Korupsi Bisa Dapat Hadiah Rp 200 Juta