in ,

Ternyata Ini 4 Khasiat Kunyit Bagi Pencernaan!

CakapCakap – Kunyit termasuk salah satu bahan herbal tradisional yang menyimpan banyak sekali manfaat. Sehingga tak heran jika banyak orang yang menyimpan bahan alami ini di rumah. Terkadang kunyit dijadikan sebagai jamu tradisional bernama kunyit asam. Namun, ada juga yang memanfaatkan kunyit sebagai ramuan berwujud teh herbal. Tetapi, tahukah kamu apa manfaat kunyit ini Cakap People?

Ternyata kunyit dengan warna kuning cerah ini berdampak baik bagi pencernaan loh! Selain lezat dijadikan bumbu masakan, kunyit juga dapat mengatasi beberapa masalah sistem pencernaan. Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Redakan diare

Mengobati diare secara alami via Wowkeren.com

Diare biasa diakibatkan oleh beberapa hal, mulai dari makanan yang tak higenis, keracunan, akibat alergi hingga karena obat. Konsumsi teh kunyit dapat menyembuhkan diare yang disebabkan oleh masalah-masalah tersebut. Jika diare yang kamu alami berkepanjangan, maka dapat menimbulkan dehidrasi. Nah, di dalam kunyit ini terdapat kandungan kalium serta magnesium yang bisa membuat cairan tubuh kembali seimbang. Selain itu, diare juga bisa disembuhkan.

2. Membuat gas pada pencernaan berkurang

Mengeluarkan kentut berlebih via Doktersehat.com

Kentut atau membuang gas memang merupakan hal yang penting. Sebab, tindakan tersebut guna memastikan jika organ pencernaan kamu dalam kondisi baik. Tetapi, jika kondisi kentut ini terlalu berlebihan maka dapat diperkirakan jika ada yang salah dengan perut kamu. Nah, di sini peran kunyit bisa kamu manfaatkan. Sebab, kunyit berguna baik untuk memberikan pengurangan pada tekanan gas di perut. Asam berlebihan yang ada di perut pun dapat dikurangi. Sehingga bisa menepiskan masalah perut kembung pula. Kamu hanya memerlukan 1 sendok bubuk kunyit halus yang dituang dalam 1 gelas air hangat. Konsumsi minuman herbal dari kunyit ini selama dua minggu.

3. Sebagai obat asam lambung

Konsumsi teh kunyit hangat via M.erabaru.net

Penyakit asam lambung menjadikan seseorang merasa tak nafsu makan. Namun, menurut sebuah studi menyebutkan jika hanya dengan 1 sendok kunyit maka bisa menjadikan pencernaan lebih sehat. Organ pencernaan yang dimaksud ialah usus besar serta lambung. Bukan rahasia lagi jika terdapat beberapa jenis makanan yang bisa membahayakan lambung dan usus. Tetapi, dengan senyawa dalam kunyit maka bahaya tersebut dapat dicegah. Sebab, kunyit dapat memberikan perlindungan pada bagian dinding lambung.

4. Redakan penyakit IBS

Meredakan nyeri akibat penyakit usus via Ilovelife.co.id

IBS atau Irritable Bowel Syndrom merupakan penyakit yang membuat terjadinya kontraksi usus menjadi tak normal. Alhasil, sistem kerja usus besar pada pencernaan dapat terpengaruh. Dengan mengonsumsi kunyit, maka gerakan otot yang tidak normal bisa dikurangi. Kerja kunyit pun secara alami sehingga tak menimbulkan efek samping.

Apabila Cakap People mengalami masalah-masalah pencernaan di atas, maka bisa langsung mengonsumsi teh kunyit. Kunyit merupakan bahan alami yang tak perlu diragukan lagi khasiatnya. Jadi, jangan segan meminum kunyit guna meredakan masalah pencernaan yang timbul.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Bar di London Ini Terima Pembayaran Pakai Bitcoin

Punya Kamar Sempit? Atasi dengan 5 Tips Berikut!