in ,

Ternyata Distribusi Lemak dalam Tubuh Dipengaruhi oleh Genetik

CakapCakap – Cakap People para wanita mungkin pernah berharap lemak yang ada di bagian paha atau lengan bisa dipindah ke bagian tubuh lainnya. Atau kaum pria yang mengeluhkan perutnya yang buncit karena timbunan lemak. Kamu tentu bertanya-tanya, mengapa lemak-lemak tersebut bisa menumpuk hanya di bagian tertentu pada tubuh kamu. Ternyata, distribusi lemak di dalam tubuh manusia itu dipengaruhi genetik seseorang, sehingga kemudian akan menumpuk di bagian tertentu.

Distribusi lemak dalam tubuh manusia dipengaruhi genetik seseorang, sehingga akan menumpuk di bagian tertentu, dan efek ini signifikan terjadi pada wanita. Via liputan6.com

Ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh Universitas Uppsala, dan menariknya efek ini pun sangat signifikan terjadi pada kaum wanita, seperti yang dilansir laman WomanTalk.com. Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal ‘Nature Communications’ itu, para peneliti mengukur bagaimana lemak didistribusikan pada hampir 360 ribu peserta sukarela. Para peneliti sendiri menggunakan data dari UK Biobank, yang merupakan studi kohort setengah juta peserta di Inggris dengan sampel darah.

“Kita tahu bahwa wanita dan pria cenderung menyimpan lemak secara berbeda. Wanita memiliki kemampuan untuk lebih mudah menyimpan lemak di pinggul dan kaki, sementara pria cenderung menumpuk lemak di sekitar perut. Hal ini pun dikaitkan dengan efek hormon seks, seperti estrogen. Tetapi mekanisme molekuler yang mengendalikan fenomena ini tidak diketahui,” ungkap peneliti Mathias Rask-Andersen dari departemen Imunologi, Genetika, dan Patologi di Universitas Uppsala.

Ada lima area pada tubuh wanita yang jadi tempat menumpuk lemak paling banyak. Via tergemes.com

“Kami pun dikejutkan oleh sejumlah besar efek genetik yang lebih kuat, atau hanya ada pada wanita. Setelah pemeriksaan lebih jauh, beberapa gen mempunyai tugas untuk menyusun kode protein yang secara aktif membentuk matriks ekstraseluler yang membentuk struktur pendukung sekitar sel,” ujar Asa Johansson menjelaskan hasil penelitian terhadap sampel darah peserta tersebut lebih lanjut.

Menurut Dr Dennis Wolf, seorang dokter kosmetologi di The Private Clinic of Harley Street, Inggris, ada lima area pada tubuh wanita yang jadi tempat menumpuk lemak paling banyak, seperti dikutip dari laman Detik.com. Mulai dari lengan bagian atas, bokong hingga tepat di bawah bokong, perut, atas pinggul, serta di area dagu dan di atas leher. Nah, bagaimana dengan Cakap People sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Zodiak Ini Miliki Aura Bagus Malah Jadi Rebutan Cowok!

Jangan Lupa! Asupan Cairan Sangat Penting Bagi Tubuh Saat Berolahraga