in

Ternyata Bayam Lebih Sehat Jika Dikonsumsi Mentah, Ini Alasannya!

CakapCakap – Bayam merupakan salah satu sayuran yang berasal dari Asia. Di dalam sayuran yang identik dengan warna hijau ini mengandung banyak sekali nutrisi yang baik bagi tubuh Cakap People. Nutrisi tersebut terdiri dari vitamin E, vitamin K, zat besi, magnesium, asam folat hingga vitamin A dan masih ada banyak lagi.

Tetapi nutrisi-nutrisi penting tersebut bisa hilang kandungannya apabila bayam tak diolah atau dikonsumsi dengan cara yang tepat. Bahkan sayuran ini juga memiliki kandungan kalori dan lemak yang sedikit. Sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh tubuh. Guna mendapatkan segala kebaikan dari bayam, maka kamu bisa mengonsumsi sayur tersebut dengan cara mentah. Ini dia alasan bayam lebih baik dikonsumsi dalam kondisi mentah!

Bayam menurut penelitian

Bayam lebih sehat dimakan mentah via Doktersehat.com

Berbekal penelitian yang dijalankan di Universitas Linkoping Swedia menyebutkan jika cara mengolah bayam menentukan jumlah lutein yang ada di dalamnya. Apa itu lutein? Ia merupakan sebuah pigmen larut lemak alami yang biasa ditemukan dalam tanaman. Umumnya sayuran hijau gelap memiliki kadar lutein yang terbilang tinggi. Kendati demikian namun kandungan lutein ini bisa menyusut akibat teknik pengolahan yang tak tepat. Guna mendapatkan kepastian, maka pihak penelitian membeli sebuah bayam muda di supermarket. Kemudian bayam dimasak dengan cara direbus, digoreng hingga dikukus sampai 90 menit. Lantas mereka mengukur kadar lutein pada olahan bayam tersebut di waktu yang tak sama.

Hasilnya terpampang dalam Jurnal Food Chemistry yang menunjukkan jika teknik memasak dan lama waktu pengolahan bisa berdampak pada kadar lutein dalam bayam. Jika bayam semakin lama direbus maka kadar lutein di dalamnya makin berkurang. Sedangkan saat bayam digoreng dengan suhu yang tinggi maka jumlah lutein di dalamnya akan langsung hilang selang 2 menit.

Cara terbaik mengonsumsi bayam

Langkah membuat jus bayam via Ilovelife.co.id

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk mengonsumsi bayam supaya kadar lutein  di dalamnya tidak hilang? Kamu bisa mengonsumsi bayam secara mentah. Caranya dengan mengolahnya menjadi sebuah smoothie. Ingin tahu cara membuatnya? Ikuti beberapa langkah berikut ini! Terdapat beberapa bahan yang perlu kamu siapkan, yaitu:

  • Bayam muda ½ ons
  • Lemon ¼ buah
  • Wortel organik ukuran kecil 2 buah
  • Timun kecil 1 buah
  • Daun seledri 3 batang
  • Jeruk peras 2 buah
  • Air es secukupnya
  • Daun mint ¼ ons

Langkah membuatnya cukup mudah, yakni mula-mula bersihkan beberapa bahan seperti wortel, seledri, bayam, timun dan daun mint. Jika sudah bersih maka masukkan dalam blender. Kemudian berikan perasan air jeruk, lalu parut bagian kulit lemon. Tambahkan ke dalam blender, berikan air secukupnya lalu blender hingga halus. Jika sudah, tuangkan smoothie bayam ke dalam wadah lalu sajikan.

Supaya lebih sehat lagi maka Cakap People bisa menambahkan smoothie bayam dengan beberapa lemak sehat dari produk seperti susu, krim hingga yoghurt. Alhasil kamu bisa menikmati bayam mentah dengan mudah jika menerapkan cara di atas. Konsumsi bayam juga memiliki dampak baik bagi kesehatan mata, kekebalan tubuh hingga mengurangi risiko penyakit kanker. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Wow, Keren! Fitur Baru WhatsApp Bisa Digunakan untuk Kirim Uang

Tips Melakukan Fitnes Untuk Pemula, Pelajari yuk Biar Gak Salah!