in

Tak Terduga! Ternyata 5 Alat Masak yang Biasa Digunakan Ini Beracun

CakapCakap – Memasak merupakan salah satu aktivitas yang rutin dilakukan setiap hari. Oleh karena itu, pastilah di dapur terdapat alat-alat masak yang sering Cakap People gunakan. Dapur termasuk bagian rumah yang vital fungsinya. Sebab, di sana bisa jadi tempat untuk makan hingga melakukan aktivitas memasak.

Maka dari itu kamu wajib menjaga kebersihan dapur, mengingat fungsinya yang sangat penting. Tetapi selain memerhatikan area dapur, kamu juga harus menaruh perhatian pada alat-alat masak yang digunakan. Pasalnya, 5 alat masak yang biasa kamu gunakan ini beracun lho! Apa saja? Berikut daftarnya!

1. Panci anti lengket

Lapisan panci anti lengket berbahaya via Preharga.co

Hadirnya inovasi berupa panci masak anti lengket ini memang membuat kita lebih mudah untuk membersihkannya. Tetapi, jika permukaan panci ini dipanaskan dalam suhu yang tinggi atau telah tergores dan serpihan lapisan panci tersebut masuk ke makanan maka dapat mengancam kesehatan. Hal ini disebabkan oleh adanya lapisan panci yang bernama polytetrafluoroethylene (PTFE). Jika panci dengan lapisan PTFE tersebut dipanaskan menggunakan suhu tinggi maka bisa mengeluarkan gas yang berpotensi mengandung racun.

2. Alumunium foil

Penggunaan alumunium foil via Globaltrademag.com

Beberapa peneliti percaya apabila memasak menggunakan alumunium foil, misalnya saja aktivitas memanaskan makanan bisa memicu alumunium masuk dalam tubuh. Alhasil alumunium yang telah masuk dalam tubuh tersebut dapat memicu kerusakan ginjal, saraf dan tulang. Oleh karena itu, kamu wajib mematuhi aturan yang telah ditetapkan jika memasak menggunakan alumunium foil. Salah satunya dengan tidak menggunakan alumunium foil untuk membungkus makanan asam seperti jus jeruk.

3. Tungku kompor gas

 

Bagian tungku dari kompor gas via Accounts.tokopedia.com

Di era yang modern seperti saat ini, kehadiran kompor gas memang sangat membantu. Namun, kamu harus berhati-hati dengan area tungku kompor gas. Mengapa? Sebab apabila alat-alat dari gas ini tak diatur dengan baik maka bisa menyebabkan keracunan. Misalnya saja jika di rumah tak ada ventilasi, maka emisi yang berasal dari kompor gas dapat mengancam kesehatan.

4. Telenan dari plastik

Alas pemotong dari plastik via M.id.aliexpress.com

Telenan termasuk alat masak yang biasa nongol di dalam dapur. Sebab, berbekal alat dapur ini maka aktivitas memotong sayuran dapat berjalan dengan mudah dan lebih cepat. Namun, tahukah kamu jika telenan sebenarnya memiliki potensi untuk menyimpan bakteri? Hal ini disebabkan oleh goresan yang terdapat pada telenan dapat dihuni bakteri serta memicu terjadinya keracunan. Selain itu, telenan juga memungkinkan adanya partikel plastik yang kemudian menuju ke makanan.

Namun kamu masih bisa menyiasati hal tersebut. Caranya dengan membersihkan telenan plastik menggunakan mesin pencuci piring. Tetapi, jika celah-celah telenan tersebut masih sulit untuk dibersihkan, maka kamu wajib membuangnya.

5. Pisau yang tumpul

Pakai pisau tumpul via Rumahku.com

Pisau yang terlampau tajam dapat menjadi momok yang menakutkan ketika kita menggunakannya, sebab dapat mengakibatkan cedera. Tetapi, jika pisau tersebut tumpul juga cukup sulit digunakan hingga mengakibatkan seseorang dapat mengalami cedera parah. Hal ini dikarenakan, pisau tumpul memungkinkan penggunanya untuk memberikan banyak dorongan guna memotong. Alhasil tindakan tersebut dapat berakibat pada kecelakaan dapur.

Nah, itulah 5 daftar alat masak yang mungkin bisa menimbulkan keracunan jika tak kamu gunakan dengan tepat Cakap People. Oleh karena itu, kamu dihimbau agar berhati-hati saat menggunakan alat masak tersebut. Sebab, kesehatan keluarga dapat dipengaruhi oleh alat masak atau dapur yang kamu gunakan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Loading…

Hati-Hati! Akun Grab yang Suka Cancel Order Kini Bisa Kena Blokir

Inspiratif! Kisah Atlet Indonesia Peraih Emas Asian Para Games 2018