in ,

Tak Disadari! Kebiasaan Sepele Ini Justru Bikin Aki Motor Tekor

CakapCakap – Memiliki kendaraan bermotor sendiri artinya kamu juga harus merawatnya. Sebab, apabila komponen motor tersebut tak dirawat dengan baik maka bisa menimbulkan kerusakan. Selain itu, motor juga harus rutin diservis Cakap People. Agar tetap lancar ketika dibawa melenggang jalan raya.

Namun, ternyata ada beberapa kebiasaan sepele yang malah bisa menimbulkan kerusakan pada komponen motor. Salah satunya kerusakan di bagian aki. Apabila kamu melakukan kebiasaan yang salah, aki motor bisa tekor lho! Bahkan, tekornya komponen aki ini bisa disebabkan oleh bagian motor lain berupa rem. Kenapa bisa?

Penyebab aki motor tekor via News.okezone.com

Mayoritas pengguna motor pasti secara sadar atau tidak sering meletakkan tangan maupun kakinya di bagian tuas rem atau handelnya. Bahkan, sewaktu berhenti pun mereka meletakkan tangan atau kaki di tuas rem sembari menekannya. Jika tindakan tersebut dilakukan, maka secara otomatis lampu bagian rem menyala. Itulah salah satu penyebab aki bisa mudah tekor. Masih belum mengerti?

Coba kamu bayangkan, bohlam yang terdapat di lampu rem juga berfungsi sebagai lampu senja memiliki daya terbilang besar, yakni 18 watt. Sementara di bagian filamen lampu senja dayanya sekitar 5 watt. Berbekal penambahan beban tersebut, maka ketika motor dikendarai tentu akan membuat aki bekerja dengan cukup ekstra. Sehingga, jika pengisian aki tak lancar dan tidak benar-benar bagus maka bisa menyebabkan aki jadi tekor. Terlebih pada motor merek Yamaha daya yang digunakan lebih besar, yakni sampai 21 watt.

Selalu menekan tuas rem via News.okezone.com

Kejadian serupa juga dapat dialami oleh motor yang melakukan pengisian aki secara sehat. Oleh karena itu, kamu harus paham betul jika spul memiliki batas pengisiannya masing-masing. Sehingga kamu harus dapat menyesuaikan antara batas kemampuan pengisian spul tersebut dengan listrik yang digunakan oleh motor. Ketika listrik dipergunakan secara normal, maka kemungkinan daya listrik yang habis ialah 5 watt. Sedangkan, apabila tuas rem ditekan terus-menerus maka bisa sampai 18 watt daya yang diperlukan. Bahkan bisa pula lebih.

Sehingga, spul bisa kewalahan menangani kebutuhan listrik pada kendaraan bermotor. Alhasil akan mengambilnya dari komponen aki. Mungkin Cakap People salah satu yang melakukan kebiasaan tersebut? Jika sudah tahu apabila hal sepele tersebut merupakan kesalahan, maka sebaiknya jangan mengulanginya lagi. Hindari untuk menekan terus-terusan tuas rem saat tak dibutuhkan. Perilaku tersebut bisa menghemat aki dan tak akan membuatnya jadi tekor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kebijakan Baru! Aplikasi WhatsApp Tak Akan Bisa Dipakai di iPhone Ini

Modal Kecil! Ini Dia Pilihan Bisnis Kuliner Menarik Buat Kamu