in

Tahun 1920, Ada 200 Ribu Nyawa Melayang Karena Gempa Gansu

CakapCakap – Indonesia termasuk dalam jajaran negara yang paling banyak dilanda gempa bumi. Apakah Cakap People termasuk tinggal di daerah yang pernah diguncang oleh gempa bumi? Di dalam sejarah, ternyata gempa bumi juga terjadi di puluhan ataupun ratusan tahun yang lalu. Lalu kapan dan di manakah Gempa Bumi terhebat dan terdahsyat pernah terjadi?

Tepat pada tanggal 16 Desember 1920, dunia digemparkan dengan bencana gempa bumi yang sangat dahsyat, bahkan dianggap sebagai gempa bumi paling mematikan sepanjang sejarah. Guncangan gempa bumi tersebut terjadi di Provinsi Gansu, belahan tengah barat Tiongkok. Gempa tersebut tercatat memiliki kekuatan sekitar 8,5 Skala Richter (SR), dengan luasan getaran hingga 25 ribu mil persegi. Gempa ini melanda hingga 10 area pemukiman padat penduduk di Tiongkok.

Gempa Gansu termasuk yang Terdahsyat sepanjang Sejarah
http://raw.cdn.baca.co.id/451c1432-b1b5-4901-ab70-a195d86b7231

Kondisi terparah dialami oleh Kawasan Gansu. Tercatat kondisi saat itu adalah luluh lantahnya seluruh daratan Gansu, yang memang memilliki struktur tanah yang rentan. Dari gempa yang dahsyat ini, tercatat ada total sejumlah 200 ribu korban jiwa atau meninggal dunia. Sebanyak 73 ribu diantaranya tewas di kawasan Haiyuan. Selain itu, lebih dari 30 ribu tewas di kawasan Guyuan. Korban tewas juga banyak ditemukan akibat tanah longsor dampak gempa di kawasan Desa Sujiahe, Xiji.

Semua bangunan juga hancur karena gempa ini, terutama di area Longde dan Huining yang sudah tidak ada lagi bangunan yang mampu berdiri pasca gempa. Kerusakan yang sangat parah juga terjadi di kawasan kota besar, mulai dari Lanzhou, Taiyuan, Xi’an, Xining dan Yinchuan.

Anehnya lagi, akibat gempa tersebut, aliran sungai bisa mengalir berbalik arah dari yang biasanya, yakni dari hilir ke hulu. Air danau juga meluap keluar batas, bukti bahwa kekuatan gempa yang terjadi memang sangat besar.

Dampak Gempa Gansu yang Dahsyat
https://asset.kompas.com/data/photo/2013/07/23/0805145gempa-china780x390.jpg

Akibat guncangan gempa yang sangat besar ini, daratan di Gansu bergerak naik turun, diibaratkan seperti gelombang air laut. Kejadian ini yang membuat masyarakat Tiongkok memperingati tanggal 16 Desember sebagai “shan tso-liao”, dengan arti “saat di mana gunung berjalan”.

Dahsyatnya gempa bumi yang terjadi di berbagai tempat di dunia bahkan di Indonesia, membuat seluruh orang menjadi was-was, akan berlindung ke mana jika gempa bumi tersebut mengguncang tiba-tiba. Nah, apakah Cakap People termasuk orang yang sudah paham mengenai evakuasi diri ketika terjadi gempa bumi?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Nobel Perdamaian untuk Presiden AS saat Akhiri Perang Dunia I

Kisah Pulau Sarah Ann dan Antilia yang Menghilang dari Peta