in ,

Tahukah Kamu? Warna Di Kemasan Pasta Gigi ada Maknanya

Cakapcakap – Cakap People? Tahukah kalian bahwa di kemasan pasta gigi ada kode warna yang berbeda-beda? Bagi kalian para pengguna, hal tersebut memang sangat jarang diperhatikan, apalagi kode warnanya hanya berbentuk kotak kecil, dan berada di sisi belakang kemasan. Tapi sebagai pengetahuan, ternyata warna yang mungkin berbeda-beda antara satu merk dengan merk yang lain, ternyata ada maknanya, loh. Yuk kita simak apa yang perlu konsumen ketahui mengenai kode warna yang ada di kemasan pasta gigi ini.

Jika kalian perhatikan, kode warna berbentuk kotak yang ada di kemasan pasta gigi berwarna antara merah, hijau, biru, atau hitam. Banyak sumber yang menyebutkan bahwa kode warna tersebut merupakan pembeda akan kandungan masing-masing merek pasta gigi. Misalnya, warna biru menandakan bahwa pasta gigi tersebut mengandung bahan natural dan obat-obatan. Selain itu, warna hijau diberikan untuk pasta gigi berbahan natural atau alami. Kemudian kalau warna merah disematkan pada pasta gigi yang mengandung campuran bahan natural dan kimia. Sementara yang paling keras, warna hitam menandakan bahwa pasta gigi terbuat dari bahan kimia murni. Apakah benar demikian?

Makna Kode Warna pada Kemasan Pasta Gigi
https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2017/07/newhealthadvisor.jpg?x54339

Kalau benar demikian, pasti pasta gigi yang akan laris dipasaran adalah yang berwarna hijau, karena bahannya yang alami. Sementara untuk warna lain mengandung bahan kimia atau obat-obatan, yang pasti akan tidak baik jika digunakan.

Seorang pakar gigi yang merupakan dokter dan juga Professional Manager Oral Care Unilever, drg Ratu Mirah Afifah, GCClienDent, MDSc, menyatakan bahwa semua kandungan pasta gigi, baik itu yang alami maupun bahan kimia, semuanya pasti sudah tercantum di tabel kandungan, yang ada di setiap kemasan pasta gigi. Jadi konsumen tidak perlu melihat pembeda kode warna yang ada, karena jika ingin melihat kandungan pastinya, semuanya sudah ada di tabel kemasan.

Semua pasta gigi yang beredar di pasaran Indonesia sudah melalui persetujian dari BPOM, jadi sudah dinyatakan aman untuk digunakan. Kode warna tidak berpengaruh apapun, khususnya pada komposisi kandungan pasta gigi tersebut. Lalu apa fungsi dan makna kode warna tersebut?

Pasta Gigi
https://imgix.bustle.com/uploads/image/2018/2/25/fcbf9e9e-237a-4189-90bc-315a052255da-fotolia_173281084_subscription_monthly_m.jpg?w=970&h=582&fit=crop&crop=faces&auto=format&q=70

Kode warna tersebut merupakan kode produksi yang disebut dengan eye mark. Tanda ini menunjukkan sebuah instruksi yang harus dilakukan dalam proses produksi, apakah kemasan harus dilipat, atau dipotong. Mesin produksi yang berkecepatan tinggi akan membaca warna persegi tersebut, dan mengeksekusi proses pelipatan ataupun pemotongan. Eye Mark dipastikan hanya sebagai pemberi signal agar mesin melakukan sensor pekerjaan sesuai dengan kualifikasi.

Nah, Cakap People sekarang paham kan kalau warna kotak di belakang kemasan pasta gigi bukan merupakan tanda perbedaan kandungan? Sekarang, jangan lupa bagikan artikel ini agar banyak orang Indonesia yang memahami konsep ini, ya!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hati-Hati! Kurang Olahraga Ternyata Bisa Tingkatkan Risiko Saraf Kejepit

Bantu Lepaskan Stres dengan Olahraga TRE, Mau Coba?