in ,

SUV Nissan X-Trail Batal Diproduksi di Inggris, Kenapa?

CakapCakap – Perusahaan-perusahaan otomotif asal Jepang sudah sejak lama diketahui melakukan ekspansi ke pasar Eropa. Buktinya, Cakap People bisa melihat sendiri ada banyak sekali mobil merek Jepang, seperti Toyota dan Honda digunakan konsumen di benua biru. Begitu pula dengan produk dari pabrikan Nissan yang juga berasal dari Jepang. Bahkan, Nissan sendiri memiliki satu pabrik di Inggris tepatnya di Sunderland, timur laut Inggris yang langsung memproduksi mobil mereka di sana.

Nissan membatalkan rencananya memproduksi langsung mobil SUV Nissan X-Trail di Inggris. Via otodriver.com

Beberapa waktu lalu, Nissan sempat mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi langsung mobil SUV Nissan X-Trail di Inggris. Namun sayang, rencana tersebut dipastikan batal, kurang dari dua bulan sebelum negara itu akan meninggalkan Uni Eropa, seperti dilaporkan laman Tempo.co. Pabrikan asal Jepang itu memang sempat berencana membuat model kendaraan sport Nissan X-Trail di Inggris, sebagai bentuk kepercayaan besarnya pada masa depan manufaktur di negara tersebut.

Pabrik produksi utama untuk Nissan X-Trail sendiri saat ini ada di Jepang, sementara pabrik Nissan di Inggris membuat Nissan Qashqai yang berukuran lebih kecil dan model lainnya. Pembatalan rencana produksi Nissan X-Trail di Inggris ini pun akan menimbulkan keraguan tentang investasi Nissan lebih lanjut di Inggris. Kegagalan pemerintah Inggris sejauh ini untuk menegosiasikan rencana keluar dari Uni Eropa dianggap telah membuat produsen mobil kurang mau menggunakan Inggris sebagai pusat manufaktur Eropa. Produksi mobil Nissan di Inggris pun saat ini telah menurun lebih dari 10 persen.

Pabrik Nissan di Inggris sebelumnya telah membuat Nissan Qashqai yang berukuran lebih kecil dan model lainnya. Via car-recalls.eu

Perusahaan telah mengalami kesulitan di Eropa dalam beberapa tahun terakhir, di mana industri menghadapi sejumlah tantangan termasuk penurunan permintaan diesel dan peraturan yang lebih ketat di samping ketidakpastian atas keluarnya Inggris dari Uni Eropa, yang dijadwalkan akan mulai berlaku Maret 2019. Bahkan, seorang anggota parlemen Inggris menyebut Honda pun juga akan mengumumkan penutupan pabrik mobilnya di Inggris pada tahun 2022 mendatang, termasuk pula memberhentikan sebanyak 3.500 pekerja mereka, seperti dimuat dalam laman lainnya di Tempo.co.

Sebelumnya Honda memproduksi lebih dari 160 ribu kendaraan di pabrik Swindon di Inggris selatan tahun 2018, di mana mereka mengeluarkan produk Honda Civic dan Honda CR-V, yang menyumbang sekitar 10 persen dari produksi Inggris sebesar 1,52 juta mobil. Bagaimana menurut Cakap People?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Artis Berikut Sering Jadi Tokoh Mertua Jahat di Sinetron, Siapa Saja?

Ternyata Ini 3 Manfaat Buah Naga Bagi Kulit, Kamu Wajib Tahu!