in ,

Susah Tidur Semalaman? Bisa Jadi 3 Makanan Ini Penyebabnya

CakapCakap – Susah tidur memang jadi satu masalah yang menimpa beberapa orang. Apa Cakap People juga mengalaminya? Padahal tak punya masalah insomnia, beban pikiran ataupun gangguan medis lain. Nah bisa jadi ini dikarenakan oleh kegemaranmu mengonsumsi makanan yang salah saat malam datang.

Pasalnya ada beberapa makanan tertentu menyebabkan gangguan tidur yang sebaiknya diwaspadai. Beberapa makanan yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam. Gambar oleh ulleo pada Pixabay

Jenis makanan yang pertama adalah coklat hitam atau asupan lainnya yang mengandung kafein. Selain teh dan kopi, coklat hitam dapat membuat tidur malammu terganggu. Bahkan bukan tidak mungkin jika kamu bakalan terjaga semalaman.

Sekedar informasi, tubuh membutuhkan 6 sampai 10 jam untuk menghilangkan kafein yang masuk ke dalam tubuh. Inilah kenapa konsumsi cokelat hitam atau jenis makanan lain yang mengandung kafein bisa membuatmu susah tidur. Sebagai gantinya, konsumsi saja air putih yang jauh lebih sehat.

2. Keju

Keju. Gambar oleh jill111 pada Pixabay

Di dalam keju terdapat sejumlah lemak di dalamnya. Jika dikosnumsi ketika malam apalagi saat akan tidur, maka saluran cernamu yang seharusnya sudah bisa beristirahat harus kembali bekerja. Akibatnya, gangguan tidur tidak dapat dihindari lagi.

Jika memang ingin memakan keju, kamu bisa lakukan 4 atau 6 jam sebelum naik ke tempat tidur. Lagipula dibandingkan memilih keju, ada baiknya untuk mengonsumsi susu hangat yang memiliki efek menenangkan karena mengandung asam amino triptofan.

3. Daging serta makanan yang berlemak

Daging. Gambar oleh RitaE pada Pixabay

Gangguan tidur juga bisa disebabkan oleh konsumsi daging atau jenis makanan berlemak. Daging sapi merupakan salah satu sumber protein dan zat besi yang begitu baik d idalamnya. Namun, kandungan lemak dalam daging membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa dicerna ke dalam tubuh. Inilah sebabnya, daging dapat menyebabkan gangguan jika dimakan saat hendak tidur.

Lantas bagaimana dengan jenis daging olahan? Hasilnya sama saja, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi ketika malam tiba. Daging olahan memiliki kandungan jumlah natrium yang tinggi dan menyebabkan perut kembung sebelum tidur.

Nah, sekarang Cakap People jadi tahu bukan? Bahwa susah tidur semalaman bisa jadi bukan karena insomnia. Ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa jadi penyebab kesulitan tidur. Maka dari itu usahakan untuk menghindari mengonsumsi makanan tersebut sebelum beranjak tidur.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Menggemaskan! Kafe-Kafe ini Penuh dengan Dekorasi Lucu Nan Imut

Wajib Coba! 5 Makanan Ini Ampuh Mengatasi Asam Lambung